Lebih Dekat tentang Pelek Cast Wheel(CW)


E

Pelek cast wheel (CW) yang akrab disebut pelek palang lagi booming..Dulu keberadaan pelek palang masih jarang pakai, Cuma dimotor dengan kasta paling mahal ditiap varian baik di type matic, bebek dan sport. Ada varian motor yang dari pabrikan tidak mengeluarkan versi pelek jari-jari misal vixion, byson, new Blade, NJMX, ninja series, thunder 125(ninja Fi pastinya), nggak ada versi pelek jari-jarinya tho(kecuali modif)Sekarang pelek palang hampir mendominasi dimotor rilisan tiap pabrikan. Dengan alasan lebih keren, keker, mewah etc. Sebaliknya pelek jari-jari makin jarang aja yang pakai. Sekarang coba tengok jajaran pelek CW yang di jajakan para pedagang variasi motor disentra-sentra onderdil-sparepart. Banyak dan modelnya macemnya bejibun. Mulai palang 3, 5, 6, 10 bahkan pelek tampah alias buntu(solid cast wheel ada di motor Honda Phantom 200)..

rock

Secara teknis pelek jeruji atau spoke wheel(SW) lebih baik mereduksi getaran bila dibanding dengan pelek palang..Jelasnya begini, banyaknya jeruji pada pelek SW menentukan penyebaran distribusi getaran kesekeliling pelek. Sehingga getaran yang dirasakan biker-pengendara bisa tereduksi. Pelek model ini klop banget dengan kondisi permukaan jalan di Indonesia yang dominan keriting hehe..

Lalu apa keunggulan pelek CW?

M10RS-CORSE-2P

Pelek model ini dirancang untuk stabilitas dijalan mulus. Selain itu secara tampilan juga lebih keren. Pelek CW yang bagus sobat bisa membandingkan dengan pelek CW bawaan pabrik, mempunyai ciri sebagai berikut:

Perhatikan bahan rumah leher(bearing)

q

Pelek CW yang baik memiliki rumah leher berbahan aluminium, sama dengan bahan pelek..pelek seperti menandakan kalau bahan, proses pembuatan dan finishingya baik. Tidak seperti pelek dengan rumah bearing berlapis bos baja. Biasanya bos baja perlu ditambahkan agar rumah bearing tidak mudah oblak tapi efeknya bobot pelek jelas meningkat. Bahayanya terkadang proses penyatuan bos dengan rumah laher yang terbuat dari aluminium tidak senyawa, bisa-bisa copot..

Lingkar Tromol dan Jari-jari pelek CW tidak Buntu-Padat melainkan Berongga

Tujuannya untuk mengurangi bobot. Bandingkan dengan pelek CW asal cakep yang kontruksinya minus rongga. Itu dimungkinkan karena pelek CW yang baik mempunyai kontruksi pakem yang kuat. Jadi tidak perlu semua bagian dibuat padat..

Standar Mutu

Foto0044

Adanya standarisasi mutu yang dikeluarkan pihak swasta yang ditunjuk oleh Departemen Perindustrian. Di Indonesia legalisasi itu bisa dilihat dari tampilannya logo SNI pada pelek(pernah lihat dipelek Mio j ada embos SNInya sobat, MB suka iseng tengok-tengok pelek hehe)..

Sedangkan untuk produk-produk  impor biasanya bertuliskan DOT(Department Of Transportation) atau JWL(Japan Wheel Labolatory)..nah sobat untuk mendapatkan lisensi itu tidak mudah karena prosedur testnya sangat ketat dan teliti..

Foto0043

Sepintas pelek palang memang terlihat kokoh. Tapi jangan salah sobat, dengan kondisi jalan rata-rata di Indonesia, pelek CW justru rentan rusak bila dibanding pelek jeruji..

Ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi pemakai pelek CW

Saat melintas dijalan bergelombang atau poldur(polisi tidur) lambatkan laju motor jangan main hajar saja..kemudian patuhi tekanan angin ban yang dianjurkan pabrik..

Pertahankan mur pengunci as roda bawaan pabrik yang kekuatannya sudah teruji. Biasanya trend yang berkembang banyak pemilik motor menggantinya dengan mur variasiyang lebih mudah oblak sehingga tidak bisa mengikat roda dengan baik..

Hindari bobot berlebih..seperti membonceng 2 orang atau membawa barang melebihi kapasitas motor seharusnya..

Salam Bikers, Untuk Solidarity Forever..

 

15 thoughts on “Lebih Dekat tentang Pelek Cast Wheel(CW)

  1. SIp infonya, pencerahan neh.
    bner bgt, mknya modifikasi yg g sesuai standararisasai ujung2 ny bkin repot.

  2. Betul mas, pelek CW kalau lewat jalan jelek rasanya lebih keras – keras gimana gitu. Jedug jedug… Kalau ruji lebih nyaman… Makanya itu ane anti ama pelek yang palangnya ga sampe 5. Lhah palang 5 aja dah kurang nyaman, palagi kalo palang cuma 3 :oops:

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s