Kawasaki ZX-130R, Motor Bebek Pertama berbagasi Luas


Termasuk bebek yang paling pede. Sudah beredar 7 tahun semenjak dilauncing pada bulan mei 2005 hingga sekarang tidak ada perubahan signifikan. Meskipun bebek jantan yang lain mengusung fitur terbaru sebagai pelengkap mesin yang besar, tapi Kawasaki ZX-130 tetap pede mengandalkan teknologi lama. Tanpa fitur tambahan, seperti penambahan oil cooler atau radiator.

Tapi, sebaliknya ZX justru jalan terus melakukan terobosan terbaru untuk mengembangkan teknologi lama. Seperti pemasangan tangki di depan, dengan demikian center gravitasi motor didapat lebih sempurna. Bobot motor bukan cenderung jatuh ke tengah tapi ke depan. Alhasil, kestabilan ZX makin sempurna untuk diajak bermanuver di perkotaan maupun dipacu di kecepatan tinggi.

Gaya head lamp di front top cover di anggap paling sempurna. Dijejali dengan dua bohlam yang sanggup memberi penerangan yang lebih jelas dengan sudut pandang lebih lebar. Tapi secara estetika desain body, pemakaian head lamp di tengah ini juga di pakai untuk menutupi benjolan cover penutup tangki.

Keberadaan tangki didepan ini juga menguntungkan pengendara. Sebab di body belakang ruang bagasi makin lapang, total kapasitasnya 16,3 liter. Garis body yang tajam menunjukan keseriusan Kawasaki merujuk ke trend motor masa kini. Dimensi body juga proporsional dan berimbang dengan besarnya kapasitas mesin, yang didapat dari 53 mm (bore) x 59,1 mm (stroke). Sektor mesin juga ditunjang dengan pemakaian Double Filter Lubrication System (DFLS). Artinya, selain penggunaan screen filter, oli mesin juga disaring ulang menggunakan filter seperti yang diterapkan pada mobil. Tentu saja kebersihan oli mesin dihasilkan sempurna, alhasil komponen mesin dapat berumur jangka panjang.

Nih, yang perlu diperhatikan bagi pengguna ZX..

Nggak banyak yang perlu diperhatikan di ZX ini. Yang paling utama, jangan lupa ganti filter oli karena dibebek lain masih jarang menggunakannya jadi biasanya yang baru pertama menunggangnya kelupaan ganti filter ini. Gir set ZX juga ada baiknya diganti dengan milik Kaze agar lebih zip.

Penanganan double starter, bel dan lampu netral redup-mati.

Kalau sudah mengalami gejala itu, akan diiringi dengan lampu netral (N) mati, double starter mati dan bel mati. Tapi tetap saja mesin mau hidup dengan bantuan pedal starter. Fungsionalnya sekring difungsikan sebagai pemutus arus listrik di saat kabel kelebihan beban listrik.

Secara tipe, sekring dikelompokan ke dalam model blade dan fusible link. Tipe blade paling banyak digunakan karena bentuknya yang mempermudah pengecekan, sebab metal yang berada di tengah sekring mudah dilihat karena rumah pelindungnya tembus pandang.

Kalau sampai tiba-tiba timbul gejala-gejala demikian, tak perlu bingung. Cukup bongkar box aki pada bagasi, kemudian ambil soket dudukan sekring. Dan tekan skun (kuningan) pada soket dengan obeng (-). Dengan maksud agar saat sekring terpasang dapat terjepit kuat oleh soket. Sehingga  kontaknya lebih bagus.

Rutinitas mengganti Filter Oli

Marga Kawasaki yang pertama kali mempelopori pemakaian filter oli, waktu itu aplikasi oleh Kawasaki Kaze tahun 1996. Setelah sukses dan dianggap bagus dalam menjaga kondisi kualitas oli mesin, kemudian berlanjut bebek lain mengikutinya. Pada dasarnya sih filter oli di mesin bebek 4 tak, berada pada satu rangkaian siklus oli mesin.

Dampak seringnya menyaring partikel asing, lama kelamaan kisi filter oli mesin, fungsinya akan berkurang. Partikel benda asing akan kesulitan diikat oleh filter oli mesin. Kalau sudah paham akan kegunaan filter oli mesin, ada baiknya untuk memberikan jadwal penggantian filter oli mesin. Sesuai kemampuan dimensi filter oli mesin, idealnya setiap 6 bulan lakukan penggantian dengan yang baru. Kalau mau repot, penggantian filter oli bisa dilakukan sendiri saat mengganti oli mesin (yuk belajar ngoprek motor mulai dengan yang ringan-ringan aja).

Ganti gir set dengan Kaze

Body ZX 130 termasuk bongsor, tapi mengapa profil rantai dan gir dibuat lebih ramping dari jenis 420?. Pabrikan beranggapan agar efisiensi gesek terjadi dan beban ditimbulkan lebih kecil. Meskipun sudah dilakukan perawatan berkala, ada baiknya saat penggantian rantai dan gir, silahkan menggantinya dengan gir set milik Kaze. Perbandingannya sama sama dengan ZX, yakni 14-42. Cuma yang menguntungkan profilnya 428, sehingga pas menarik bobot ZX 130.                                        

Salam Bikers untuk Solidarity Forever.

16 thoughts on “Kawasaki ZX-130R, Motor Bebek Pertama berbagasi Luas

  1. rante ngga perlu pake yg 428 juga gpp….emang udah tahu fungsinya seperti apa ?
    pake 428 malah tambah berat tarikan…..
    trus ganti filter ato oli juga bukan berdasarkan waktu bulan…..basi….jadul….pake parameter satuan kilometer….lebih akurat dan detail….
    btw…salam kenal deh…..:D

  2. salam kenal jg bro. bobot zx 104 kg, kaze kurang dari 100 kg. rekomendasi pabrikan u/ filter oli tiap ganti oli, jg skalian filter’y.

  3. motore temenku nih.. langka😀

    tapi kenceng bgettt… trus stabil… tmenku pas ngebut lepas tangan motor tetep lurus dengan anteng😀

  4. kenceng, stabil salah satu kelebihan motor Kawasaki(smua tipe motor) Bim..makdarit(maka dr itu), ane rawat baik2..

  5. kaze gw ni udh ngalahin karisma , tpi kenapa oli bocor gara gara ring piston

  6. skg kaze’y msh ngebul sobat?
    mesin 4tak haram ngebul sob(yg normal harus’y tdk)yg paling ringan sil klep kena, klo masih jg ring piston’y. Biasa’y krna jarang ganti oli..fungsi oli sangat berperan penting. biasakan rutin dganti oli mesin’y tiap bulan(mending boros oli drpd boros part yg harga’y lbh mahal)..makasih dh koment dwarung sederhana ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s