Safety Riding ala Valentino Rossi (1)


Sobat, sudah naik motor bertahun-tahun? Semestinya kemampuan dan percaya diri beraksi diatas dua roda sudah nggak disangsikan. Tetapi pernahkah pede hilang, gara-gara hal yang sobat anggap sepele? Misalnya jatuh di tikungan karena salah ngerem atau selip di belokan, bukan karena menginjak kulit pisang, tetapi karena terlalu cepat buka gas. Belum lagi atraksi mencium aspal karena kaget melihat orang menyebrang.

Itulah reputasi sobat sebagai biker andal bisa hilang dalam hitungan detik. “Jam terbang di atas motor nggak selalu berbanding lurus dengan skill, terang Valentino Rossi, dewa balap motoGP yang blak-blakan memberi solusi aman bermotor di sebuah media cetak luar negeri. Simak intisarinya.

Fokuskan Pikiran

Kalau sudah diatas motor, sobat harus coba dan lupakan hal-hal lain. Fokuskan hanya kepada jalan, trek dan motor. Memang agak sulit, kadang sebagian otak kita memikirkan motor atau ban, sebagian otak lain mengingat temen, pacar hingga lagu. Kalau begitu sulit, coba mulai dengan menempatkan pikiran bro sedikit di depan motor.

Main Halus

Naik motor menyangkut semua  gerakan yang sobat bikin di atasnya. Seperti pengereman, buka gas dan menikung. Agar semuanya bisa dikontrol, sobat mesti ‘main halus’ dan jangan agresif saat beraksi. Buat biker yang pakai motor kecil, memang tidak mungkin agresif, tetapi bila naik moge, sobat bisa kehilangan stabilitas.

Saat Membuat Kesalahan

Setiap orang pernah membuat kesalahan. Termasuk juara dunia seperti saya. Terapinya bicaralah dengan diri sendiri! Ambil contoh, saat mengerem terlalu cepat ditikungan dan kehilangan waktu. “Hm.., lain kali jangan lakukan lagi,” begitu kata batin saya. Satu hal lagi, sobat harus bikin santai diri saat di jalan. Karena faktor lain, seperti mobil yang lewat bisa jadi penentu kesalahan.

Atur Pernapasan

Naik motor kadang menegangkan. Apalagi semakin ngebut akan semakin menambah ketegangan. Bernapas dengan baik akan menambah suplai oksigen untuk aktivitas otak dan otot. Cobalah belajar bernapas dengan baik dan teratur.

to be continue………..

Salam Bikers untuk Solidarity Forever.

4 thoughts on “Safety Riding ala Valentino Rossi (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s