Safety Riding ala Valentino Rossi (2)


ini koleksi motor-motor balap Valentino Rossi #46

Harmonisasi dengan Mesin

mesti disadari kalau sobat bagian dari motor. Keduanya harus menyatu. Coba mengerti apa yang diinginkan motor. Lakukan step by step, sampai feeling bersatu dengan tunggangan.

Rem dan Stabilitas

saya gunakan rem depan lebih sering dengan porsi 80% rem depan dan 20% rem belakang. Tetapi sebenarnya yang kita perlukan hanya rem depan. Roda belakang hanya sebagai penyeimbang. Perlambatan roda belakang sudah didapat dari engine brake. Cuma itu kuncinya! Selebihnya jangan mengerem di tikungan. Gunakan rem justru sebelum masuk tikungan.

Kontrol Gas

Jujur saja, kontrol buka-tutup gas itu bagian terpenting saat riding. Satu-satunya cara belajar cepat, yaitu dengan sering mencoba bermacam tipe motor dalam segala kondisi trek. Dari sana bisa tahu kapan tenaga mesin tersalurkan ke roda. Juga jangan membuka gas di tikungan saat traksi ban belum cukup.

Pakai Persneling Tepat

Lebih baik mana, pakai persneling yang lebih rendah atau tinggi di tikungan? Saya akan memilih posisi yang gigi lebih tinggi. Mesin tidak meraung dan lebih awet. Nah, begitu juga saat trek lurus, pindahkan gigi saat mencapai torsi maksimum. Jangan biarkan melengking di putaran tinggi hingga red line. Selain grafik tenaga sudah turun, mesin motor juga tersiksa.

to be continue…

Salam Biker untuk Solidarity Forever.

4 thoughts on “Safety Riding ala Valentino Rossi (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s