Penting Pakai Eco-Riding Pada Motor


dashboard Ninja 250 fi

dashboard Ninja 250FI dari sini kita dapat memantau kinerja mesin secara keseluruhan(sesuaikan dengan motor sobat)

Lain orang memang lain gaya ridingnya. Eco riding sendiri adalah mengendarai ekonomis dan menyesuaikan diri dengan teknologi mesin modern. Bisa pula diartikan mengendarai lembut, lancar serta aman berkendara pada putaran mesin lebih rendah. Nah gaya begini penting diterapkan. Kesaktiannya bisa menghemat bahan bakar 10-15% dan bikin awet komponen motor. Bagaimana caranya?

Ketahui kemampuan mesin motor sobat

Caranya bisa simak spesikasi mesin yang bisa dibaca pada buku panduan atau brosur. Paling penting adalah Torsi, seperti 13,1 Nm/7500 rpm. Artinya, daerah ideal kerja mesin adalah pada 7500 rpm atau range 7000-8000 rpm (ini dipake pada motor yang dilengkapi tachometer). Jika melebihi angka ini, kurva torsi sudah menurun dan tidak akan ada penambahan dorongan malah hanya menambah boros bahan bakar.

Pindahkan tranmisi ke gigi tinggi secepat mungkin

 Bukaan gas justru menambah efisiensi volumetrik di ruang bakar. Namun sebaiknya sobat juga paham membagi batas kecepatan tiap gigi. Misalnya pada transmisi 5-speed. Bisa saja gigi 1 hanya 10 km/jam, 2 pada 20 km/jam hingga gigi 5. Dengan rollling speed ini bahan bakar lebih irit.

Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu

Deselerasi yang tidak perlu, memboroskan bahan bakar. Apalagi jika pakai acara engine brake berlebihan. Nah, kalau kejebak lampu merah dan sudah lihat dari jauh, sebaiknya lepas handle gas dan cicil rem. Jadi pas marka garis putih lampu merah. Motor sudah berhenti.

BTW,  hari raya Aidul Fitri 1433H sudah lewat beberapa hari lalu. Warung MB ucapkan “atas segala kesalahan diri diwaktu-waktu kemaren, MB mohon maaf sebesar-besarnya. Mulai dari Nol ya (seperti petugas SPBU).”

Salam Bikers untuk Solidarity Forever.

12 thoughts on “Penting Pakai Eco-Riding Pada Motor

  1. ada beberapa motor yg drekoment pd rpm tinggi. Ninja 2tak series & cbr150, klo kseringan jlan pelan, malah mbikin macet superkips’y..tuk vixi, dy pny karakter torqy(low to mid).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s