Kenal Lebih Deket dengan DTSi


double busi pada Pulsar series

Jika satu busi masih kurang, pasanglah satu atau dua lagi agar pembakaran lebih optimal. Inilah yang dilakukan pabrikan Bajaj pada Pulsar series, mulai dari Pulsar 135, 180, 220. Dan yang terbaru Pulsar 200ns(belom di jual dimari) dengan tiga businya, yang lebih advance. Di Ducati dulu pernah diaplikasi di Monster 1000 DS(Dual Spark). Lewat teknologi DTSi (Dual Twin/Triple Spark ignition), meminimalkan knocking dan irit bensin.

Pada prinsipnya sistem DTSi diatur oleh Trics III (Third Generation Trottle Responsive Ignition Control System) yang berada di karburator serta CDI digital 8 bit. Kedua komponen inilah yang bekerja mengatur debit bensin dan besarnya percikan api di dua-tiga busi.

Saat grip gas dibuka penuh, karburator tak langsung menyemprotkan bensin sesuai bukaan gas. Pasalnya di Trics III ada switch katup kupu-kupu yang bekerja secara otomatis mengatur debit bensin sesuai putaran mesin. Hal ini yang membuat konsumsi bensin jadi irit.

Katup pengontrol di Trics III tadi terhubung langsung ke CDI digital yang menyampaikan pesan besarnya bukaan gas. Dari signal yang diberikan, CDI akan menyuplai arus ke dua busi sesuai rpm(putaran mesin).

triple busi pada Pulsar 200NS(apalagi kalau ditambah FI maknyuss)

Saat busi pertama diperintah mencetuskan api, busi kedua menunggu dalam hitungan 1/1000 detik begitupun selanjutnya untuk busi ketiga baru bekerja dengan perintah CDI. Tugas busi kedua adalah membakar sisa bensin yang tak terbakar oleh busi pertama, begitu juga dengan busi ketiga bekerja saat sisa bensin yang masih tak terbakar dari busi kedua. Ini menghasilkan efisiensi bahan bakar karena tak ada bensin yang terbuang.

Hebatnya CDI dapat mengubah timing pengapian sesuai signal yang dikirim oleh Trics III. Agar motor tak kehilangan moment bila tiba-tiba berakselerasi. Wajar jika strip bensin tak bergerak meski sudah menempuh jarak 60KM. Irit beneeer..

Salam Bikers untuk Solidarity Forever.

4 thoughts on “Kenal Lebih Deket dengan DTSi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s