Safety Riding ala Valentino Rossi (3)


Pakai Badan

Pergerakan badan di atas motor sangat penting. Misalnya kala menambah beban ke depan saat ngerem atau menambah traksi buat roda belakang. Sebelum tikungan, bobot sobat mesti pindah ke depan. Tetapi jangan terlalu banyak, karena saat bersamaan roda belakang masih butuh traksi. Nah selama di tikungan, pertahankan posisi seperti semula. Ini akan memudahkan motor belok. Selepas tikungan, saat grip gas mulai dibuka dan roda belakang berputar cepat, segera pindah bobot tubuh ke belakang. Otomatis sobat harus duduk mundur. Ini sangat membantu traksi buritan.

Mengubah Arah

sobat harus pakai semua cara bila mesti mengubah arah secara mendadak. Misalnya membelokan setang, berpindah pijakan kaki hingga pakai bobot tubuh. Sebaiknya gerakan dulu tubuh sebelum motor pindah posisi. Jangan ikuti kemauan motor, tetapi sobat yang pegang kontrol. Ingat, semuanya mesti dilakukan secara santai.

Merasakan Traksi

Pembalap pasti mengerti bagaimana dengan traksi ban motornya. Tetapi bikers lebih punya masalah kompleks. Apalagi jalan yang dilalui punya tipe aspal yang berbeda. Cara saya, tekan rem belakang agak keras sehingga mengunci dan Sliding. Dari sini bisa terbaca kuatnya traksi. Tetapi hati-hati kalau mau mencontoh, ya!

Irit Pemakaian Ban

Pernah cari tahu, kenapa pembalap selalu berusaha secepatnya mendirikan motor selesai aksi rebah di tikungan?  Betul, salah satu gunanya mengirit ban. Semakin besar bobot dan tenaga motor, akan semakin ‘makan’ ban di tikungan. Bila melahap tikungan kanan, pindahkan bobot lewat pijakan kaki kiri, atur arah setang dan segera gunakan bobot badan agar motor berdiri. Ini cara termudah untuk mendirikan motor.

tahun depan bang Rossi balap pake ini motor(@PRJ ’12, MB cuma bisa bilang”mantatap”)

the end.

Salam Bikers untuk Solidarity Forever.

2 thoughts on “Safety Riding ala Valentino Rossi (3)

  1. betul saya pernah kehilangan traksi di roda belakang (agak geol sedikit) saat coba speed up utk segera melewati lampu merah yg ga taunya ada seorang biker yg coba terobos lampu merah yg bukan gilirannya,, hampir deg deg an jg,,🙂

  2. power GSX600R dah masuk kategori moge super bro. Pengereman, buka gas dan menikung, sobat mesti main ‘halus’ dan jangan agresif saat beraksi. Klo nggak, sobat bisa kehilangan stabilitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s