Sekilas Liquid-Cooled Engine


Cutting mesin dengan tipe pendingin air

Apa keunggulan(kelebihan) mesin dengan sistem pendingin air ini?

Sobat pasti tahu mantapnya minum air dingin(es buah misalnya hmm..) dikala siang hari yang panas menyengat. Begitu juga dengan mesin. Pendingin air memastikan performa mesin yang stabil pada kecepatan tinggi, saat dijalan menanjak, dikemacetan, maupun disiang hari yang panas. Pendingin air memiliki kemampuan menurunkan suhu pada mesin performa tinggi seperti R15 aka vixion, cbr series, ninja series dan Duke 200 serta Moge macam ER6 series(kalo disebutin semua bisa nggak muat dipostingan ini hehe) yang terkenal memiliki suhu mesin yang tinggi. Karena itu banyak diaplikasi dimesin balap(MotoGP dan WSBK). Begitu juga, cairan pendingin pada sistem pendingin air dapat meredam kebisingan dari suara mesin. Jadi mesin lebih adem suaranya  dan feeling dalam mengendarainya juga lebih nyaman iya toh?

Pada saat mesin on, pembakaran didalam silinder membuat suhu mesin mulai panas. Tapi jika suhu mesin terlalu panas, power mesin akan berangsur turun. Dalam jangka panjang, panas pada mesin dapat mengakibatkan bagian-bagian didalam mesin lebih cepet ausnya akibatkan pergesekan antar komponen mesin. Oleh karena itu, sistem pendingin sangat dibutuhkan untuk mendinginkan bagian part mesin dan oli.

mesin dengan pendingin udara

Ada dua jenis sistem pendingin : pendingin udara , menggunakan aliran udara untuk mendinginkan mesin, dan pendingin air yang bersirkulasi keseluruh blok mesin. Pendingin air ini banyak juga dipakai pada mobil. Tapi, karena banyaknya bagian part yang digunakan, membuat bobot mesin lebih berat dibanding pendingin udara. Karena sistem pendingin menyumbang bobot pada mesin, motor dengan pendingin air tidak begitu banyak digunakan pada motor dengan  kapasitas antara 100 hingga 225cc pada saat ini. Karena cost production mesin dengan pendingin air ini lebih mahal dibanding mesin biasa (pendingin udara).

arah sirkulasi air coolant pada motor pendingin air

Dan untuk perawatan juga agak repot bro and sist, mesti memantau reservoir tank(tangki collant cadangan), setahun sekali atau mesin motor sampeyan dirasa kok panasnya lebih. Mesti dikuras, dengan ganti air coolant baru(jangan air sumur atau air PDAM bisa karatan entar).

Yang biru muda, area kerja air pendingin

Pendingin air mengalir dengan bersirkulasi melalui lubang disisi blok silinder dan silinder cop. Setelah air pendingin mengelilingi dibagian mesin, air coollant diteruskan mengalir ke radiator(tangki berbentuk lebar untuk pendingin air panas) via selang yang didinginkan oleh aliran udara maupun oleh kipas elektrik dan diteruskan lagi ke mesin secara terus menerus(continu)..

Salam Bikers untuk Solidarity Forever.

6 thoughts on “Sekilas Liquid-Cooled Engine

  1. tapi ga enaknya saat radiator plus kipas radiator bekerja,, bagian sekitaran paha jadi panass,, jadi malah kita yg kepanasan,,🙂

  2. klo suhu radiator mulai beranjak naik(jarum ke Hot), ngadem dulu k SPBU atau sisi jalan yg aman, klo dh mulai adem, lanjutin deh riding’y..

  3. bisa di akalin juga sama collant yang suku titik didihnya tinggi, semakin tinggi kompresi rasanya semakin panas, dan kalau titik didih water jacket tinggi maka pengambilan panas masi tetap optimal,

    karena radiator motor rata rata kecil di bandingkan dengan radiator mobil yang sebesar papan tulis :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s