Pilih-pilih Motor, Tentukan Sesuai Kebutuhan (1)


tipe bebek enduro

Kesibukan akhir-akhir ini berangkat riding dipagi hari pulang sorenya ke dan dari kota yang berjarak hampir 50KM (berarti PP 100KM) tiap hari kerja, membuat update warung terabaikan(sok sibuk hehe). MB rela lakuin ini untuk hari depan yang lebih baik..ayo semangat nulisnya(on fire)..

Perilaku konsumen dalam membeli motor memang beragam, kadang ada yang melihat modelnya, melihat mereknya, melihat resale value/nilai jual kembalinya nanti(hehe..beli motor ko seperti beli tanah atau rumah), tapi ada pula konsumen yang membeli motor sesuai spesifikasi yang dia inginkan(ini yang cakap..), misal dia pingin motor harian yang bisa ngebut tapi irit, gitu pula dia pengen motor bertenaga badak yang bisa dipakai turing naik-turun gunung (walaupun nggak terlalu ngebut), pingin motor dengan kemampuan melibas trek lurus nan panjang juga tanjakan tak tertandingi (apalagi ya)..

Membaca spesifikasi mesin motor di brosur, selalu ada keterangan soal kapasitas mesin dan ukuran bore(diameter piston) x stroke(panjang langkah)..Nah untuk ukuran bore x stroke, bisa dipakai buat mengidentifikasi jenis karakter dari motor tersebut, banyak konsumen yang nggak ngerti atau nggak mau tahu akan karakter dan sifat dari mesin kendaraannya. Yang penting motor baru..

Long Stroke Engine (mayoritas diaplikasi di tipe bebek dan matic)

Pada motor dengan mesin  long stroke, memiliki bore (diameter piston) lebih kecil daripada stroke (panjang langkah). Misal mesin Kawasaki zx 130 memiliki bore 53mm dan stroke 59,1mm. ada juga Vega ZR, Jupiter Z1, NJMX, Mio J, Soul  GT, sementara Honda punya abs Revo, Scoopy, SupraX 125, Blade, dan  Beat, Suzuki punya Shogun, Smash Titan, Hayate, Skydrive..

Mesin ini mendapatkan torsi dan power di rpm rendah serta lebih hemat BBM. Kemampuannya untuk melibas trek lurus nan panjang juga tanjakan tak tertandingi, penggunaan dalam kota(yang bermacet ria) juga pas. Karena panjang langkahnya membuat waktu berputar kruk as jadi lebih lama. Itu jadi penyebab motor dengan langkah yang panjang, mumpuni bila diajak menyelinap di kemacetan jalan. Buat ngangkut barang berat(motor kuli) cocok bro, motor MB suka dipake (ngantor xixi) buat kesawah dan juga bisa bawa gabah klo panen masbro..(sadistenan-Afgan mode on).

to be continue..

Salam Bikers; untuk Solidarity Forever..

17 thoughts on “Pilih-pilih Motor, Tentukan Sesuai Kebutuhan (1)

  1. motor ane overbore batangan honda lawas..dulu isteri yg milih..alhamdulillah udah 4,5thn masih mulus,mesin jg alus..yg penting gmn perawatannya aja..

  2. bener, selain faktor mesin. fungsionalitas jg dpt, spt conth bwt ngangkut gabah kselipan..

  3. tipe bebek & matic dkampung ane kadang dpake ngangkut pupuk jg di dek tengah & jok blakang. Pake mesin long stroke nyaman aja..ga kedodoran.

  4. pengen nyoba motor berkopling manual masbro..yg bs djangkau ya NJMX d atas.. Tp dpakai adik scholl. Next(coba tebak)…

  5. motor matic habitat’y d jalan mulus..d kampung dg yg relatif rusak ga direkomen & bukan tuk motor kuli. mengingat sockbreker blakang’y jg single..

  6. yups motor tipe enduro( tuk kondisi jln on road & off road). Dsini jg pnah ada Kanzen Taurus, tp masih jarang nemui djalan. Mkin daerah banyak ya( info’y laku d daerah pedalaman) gmn populasi’y dtempat bro guru..

  7. matur ksuwun mba Mila dh mampir & koment d warung MB..kbutuhan akan motor tiap org beda2, ad yg mntingin fungsi sbg alat transportasi(MB dukung ini), ad jg yg ingin cri imej..
    bila ad yg d tnya(kluhan,trouble)ttg motor(yg mba Mila pake)silahkan d tnya..MB akan jawab😉..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s