Bell’s Palsy, Muka Peyot bukan karena Tua


Sodara MB(lebih tepatnya sepupu) kaget bukan kepalang, saat mandi pagi mendadak matanya kemasukan busa sabun tapi tidak bisa dikedipkan..Ketika bercermin wajahnya terlihat tertarik alias mencong.. Kulit wajah mati rasa, tidak bisa digerakan, makan minum dan bicara pun jadi susah..Ini pengalaman sepupu MB, ceritanya begini:

“malamnya aku habis kehujanan(skg musim kemarau panjang ya xixi), terus langsung jalan pake motor..Memang dingin banget saat itu dan langsung kena muka(angin malem’y). Saat ke klinik kata dokter aku kena stroke. Waduh diagnosisnya seyem bangeeet.. Apa iya sich?.”

Angin dan AC

Yang dialami sepupu MB tersebut sepertinya kena Bell’s Palsy(stroke ringan), kelumpuhan sementara di sebagian atau seluruh wajah. Kelumpuhan atau mati rasa ini disebabkan oleh otot-otot dan syaraf yang kekurangan oksigen. Tidak hanya bikers, serangan ini juga bisa menimpa sopir lho(kan mobil suka ada AC’y). Angin malam atau udara dingin bisa jadi penyebab Bell’s Palsy. Udara dingin menyebabkan tekanan pada syaraf-syaraf dan otot disekitar wajah, sehingga kekurangan oksigen dan mati rasa atau wajah tidak simetris alias mencong/menyon sobat..

..WANTED(dicari)..

Istilah Jawane masuk angin kasep(parah). Waktu kena angin atau udara AC yang dingin otot-otot jadi menyempit dan kekurangan oksigen.. Gejalanya enggak beda jauh sama tanda-tanda masuk angin. Biasanya punggung pegal-pegal serta tegang di urat-urat di sekitaran leher. Tapi penyakit yang bikin tampang jelek ini bisa juga datang tiba-tiba tanpa  peringatan seperti yang dialami sepupu MB ini.

“waktu bangun normal nggak ada tanda-tanda aneh. Tiba2 aja waktu mandi mata perih banget kaya kena sabun tapi nggak bisa kedip. Enggak bisa digerakin, klo mo minum tumpah2,” kate(ayam kali) sepupu MB..

Bell’s Palsy ini bisa terjadi pada sebagian wajah, bisa juga seluruhnya, tergantung kondisi tubuh..serangan biasanya terjadi saat kondisi tubuh kurang fit, lalu terpapar angin akibat helm dan jaket yang kurang memadai atau kehujanan..makin lemah kondisi tubuh, kemungkinan makin luas area wajah yang mati rasa..

Bagaimana kalo wajah tiba2 peyot?

Paling aman memang mengambil tindakan seperti sepupu MB, langsung ke Dokter..makin cepat diambil tindakan, makin cepat pulih..tapi untuk pertolongan pertama bisa memakai minyak angin atau krim yang bersifat menghangatkan otot dengan tujuan untuk merangsang otot agar hangat dan membuka pembuluh darah..

Pengobatannya mesti dilakukan terapi syaraf oleh ahli atau spesialis syaraf aja(MB nyembuhin xixi)..Lakukan gerakan ringan di area disekitar muka dan leher. Semacam senam wajah, itu bagus untuk melatih otot sobat..

Yang paling aman, mencegah sebelum terjadi..klo sobat tiap hari terkepung semburan udara dingin AC mobil-dirumah maupun dikantor atau angin saat naik motor, pastikan kondisi tubuh slalu fit..arahkan kisi2 AC di mobil ke tengah agar tidak langsung mengarah tubuh sobat.. untuk bikers, pencegahannya selain pake jaket tebal (supaya badan hangat) saat riding malam hari(terutama) juga pakai masker, ya semacam slayer(kain tipis mirip lap tangan) dipake menutupi muka dan hidung dengan cara diikat bisa mengurangi dampak terkena Bell’s Palsy..Hmmm Bell’s Palsy seyeemm juga ya(ternyata) tapi jangan atut Belanda masih jauh..

Salam bikers untuk Solidarity Forever..

2 thoughts on “Bell’s Palsy, Muka Peyot bukan karena Tua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s