Frame, MotorCycle Bone


rangka dari motor mana..ini tipe perimeter pipe frame

Frame terdapat banyak jenis, bentuk dan material frame sepeda motor. Dan material yang dipakai, frame bisa dibuat dengan berbagai bahan, seperti titanium, aluminium, magnesium, steel hingga fibercarbon(tuk lebih jelasnya tentang macam bahan ini sobat bisa tanya ke Mbah Google ye). Ada juga beberapa frame yang dibentuk dari gabungan bahan-bahan diatas.

Yang jelas, sesuai namanya, frame mengacu pada bentuk, susunan atau kontruksi. Semisal diamond frame, bentuknya menyerupai diamond terdiri dari 2 buah segitiga, main triangle dan rear triangle. Main triangle terdiri headtube(komstir), top tube, down tube dan seat tube. Sedangkan rear triangle terdiri dari seat tube, dan sepasang dudukan rantai(swing arm-lengan ayun) dan jok.

Ada juga sisi inovatif dari frame, antara lain yang dikembangkan Buell. Pabrikan asal Amrik ini menjadikan frame sebagai tangki, seperti di seri XB12 Lightning.

Tetapi secara garis besar, ada beberapa tipe frame yang sekarang lazim dipakai di sepeda motor modern, terutama keluaran diatas tahun 2000-an. Beberapa tipe ini dibedakan menjadi tipe cradle, spin(backbone), beam, monokok hingga trellis.

Single Cradle Frame(mayoritas motor sport pake ini sobat)

Tipe frame paling simple, banyak dipakai, dipakai oleh merek-merek pioner sepeda motor. Bahannya dari steel tube, mesin ditopang main tube berdiameter besar, sedangkan bagian lain berdiameter lebih kecil, sekarang single cradle biasa dipakai di motor off road.

Double Cradle Frame(Scorpio Z dan Pulsar Series)

Rangka ini pengembangan dari single cradle, terdiri dari dua cradle yang menopang mesin. Tipe ini biasanya dipakai motor custem dan beberapa motor berkonstruksi simple. Rangka ini cukup kokoh, kuat tapi ringan.

Backbone Frame

Jauh sebelum tipe frame ditemukan, backbone adalah rangka tersimple, dibuat lebih lebar. Backbone lebih flexible dari sisi design, mesin bisa juga digantung. Jadi cost(biaya) pun lebih murah. Motor-motor naked dan off road juga ada yang mengaplikasi rangka tipe ini.

Monocoque Frame (Vespa aka Piaggio punya nie)

tipe ini hanya dipakai motor-motor tertentu dan jarang di aplikasi ke motor massal. Rangka monokok terdiri dari satu unit rangka saja yang berfungsi sebagai dudukan mesin, jok hingga tangki. Meskipun rangka tipe ini cukup kokoh, tapi tidak berkembang karena berat dan mahal dari sisi bahan baku.

Dua tipe frame yang terakhir ini yang jadi hot isu..

Perimeter Frame aka Deltabox Frame

Rangka tipe ini adalah hasil riset engineer rangka terbaik di dunia, dimana kekakuan benar-benar diutamakan. Steering head dan swing arm sangat dekat hingga handling pada akhirnya sangat seimbang. Mesin pun bisa dijadikan centre geometri. Dulu, rangka perimeter dibuat dari bahan steel(baja), tapi sekarang sudah diganti aluminiumyang lebih ringan. Perimeter adalah rangka yang lazim dipakai di motorsport modern. Tipe rangka ini identik sama sportbike yang kekuatannya lebih rigid(kaku) sekitar 200% dibanding tipe tubular(pipa). Sehingga berperan sangat sobat dalam stabilitas saat menikung. Tipe rangka ini banyak diaplikasi motor-motor supersport macam ZX series, CBR series, GSX series, RSV4, S1000 sampai R series sobat..

Bagi rider aka biker yang maniac cornering wajib punya nie motor hehe..kalo bicara harganya lumayan(klo MB mah manyun aja dech) sobat..tenang rangka deltabox sudah ada kok beberapa motor yang pakai rangka tipe ini, yang MB tahu di market indo tuk motor kecil ada CBR150 & V-ixion segera hadir KB(kolaborasi Kawak ama Bajaj)dengan Pulsar200NSnya..

Trellis Frame

Soal kekakuan dan bobot, trellis frame adalah rival berat perimeter aka Deltabox frame. Tapi banyak pabrikan Italia dan Eropa yang sukses dengan tipe rangka ini, seperti halnya Ducati, Aprilia ataupun Triumph. Trellis frame menggunakan prinsip yang sama dengan perimeter frame, steering head dan swing arm sejajar dan sedekat mungkin, tapi konstruksinya cukup beda dimana tube atau aluminium/baja pendek direkatkan jadi satu.

Salam Bikers untuk Solidarity Forever..

12 thoughts on “Frame, MotorCycle Bone

  1. otomotif ikut memfasilitasi transfortasi urban d negara kita. MB ingin ikut andil d dalam’y. Makasih mila. Moga bguna.

  2. sebenernya masih banyak jenis frame yang lainnya,
    foto paling atas a/ frame Ninja 650 yang motor om punya. Matur suwun balik..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s