Menekan Perilaku Agresif bagi Biker-Driver


penampakan yang mpu’y warung..ini sebagai ilustrasi aja..

Sobat  gampang sekali marah saat berada dijalan? ; Tersenggol sedikit langsung ngamuk?

Hati-hati lho, perilaku agresif bukannya menyelesaikan masalah, tapi malah menambah masalah baru. Apalagi dikota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Denpasar atau Surabaya yang sering dilanda macet.

Untuk mengeremnya memang enggak segampang mengerem motor-mobil balap. Tetapi agar tetap cool saat jalanan ‘panas’, bisa diupayakan dengan berbagai cara..

Singkirkan Pemicu

Munculnya perilaku agresif dijalan bukan semata-mata karena darah tinggi atau temperamental. Karakter hanya menjadi salah satu variabel pemicu. Kondisi lingkungan seperti cuaca panas, polusi, macet, frustasi, stres, sesama pemakai jalan yang tidak sopan, bisa mengubah orang yang wataknya kalem pun jadi agresif.

Agresif bisa muncul sebagai pelampiasan atas masalah yang dihadapi sebelumnya. Agar darah tidak mudah mendidih, perlu perlakuan yang tepat. Obat paling manjur mengusir perilaku agresif memang menyingkirkan akar masalah, tips berikut hanya untuk meminimalkan dampak negatifnya saja, bisa dikondisikan agar membantu biker – pengemudi jadi lebih tenang.

Mendengarkan Musik Favorit

Musik favorit dihape, USB yang disuka, bisa membantu menciptakan suasana nyaman saat cuaca panas atau memasang TV dimobil untuk mengalihkan stres.

Terapi Aroma

Aromatherapy berfungsi untuk cooling down sehingga lebih rileks, saat dijalan bisa mengontrol emosi dengan lebih bagus. Aroma terapi dilakukan di rumah, kalau dijalan bisa bikin ngantuk saking nyamannya xixi.

Aroma yang digunakan bisa disesuaikan dengan pemicu agresif dan harapan yang diinginkan. Misalnya kalau ingin lebih tenang dan kalem sebaiknya memilih aroma Lavender. Geranium memberi efek menghangatkan. Bergamot efeknya menyegarkan, refresh, cocok untuk yang gampang marah karena kelelahan. Sementara aroma Camomile memberi efek menenangkan.

Teknik Jepang

Nah untuk yang ingin melakukan terapi dijalan, bisa mencoba teknik dari negeri Sakura. Jhin Shin Jyutsu, teknik penyembuhan diri melalui aliran energi. Kelima jari manusia terhubung dengan emosi dan sepuluh organ penting di tubuh. Energi yang teralirkan ke jari-jari tangan, bisa membantu mengharmoniskan emosi dan pengusir penyakit yang menyerang organ yang terhubung.

Salah satu teknik self healing ini bisa dilakukan dengan bernapas teratur, pegang jari dan berkonsentrasi menyadari yang dirasakan jari yang dipegang, dengan begitu, energi mengalir ke jari yang dipegang. Ibu jari terhubung dengan rasa cemas, telunjuk rasa takut, jari tengah rasa marah, jari manis rasa sedih dan jari kelingking cocok untuk yang suka ngotot.

Jadi, kalau yang bikin brangasan karena sedih habis patah hati, genggam jari manis. Kalau karena khawatir telat, genggam ibu jari.

Bukan hanya marah, teknik ini juga membantu mengatasi kelelahan dan ngantuk. Kalau lagi pingin marah, pengang saja jari tengah. Idealnya dilakukan sekitar 20 menit.

Salam Biker, untuk Solidarity Forever..           

5 thoughts on “Menekan Perilaku Agresif bagi Biker-Driver

  1. saat mo riding, biker blom makan + ksiangan, wah bw motor suka’y ngotot masbro. Inisiatif’y sarapan dulu biar tenang bw riding motor’y(mencegah lbih baik)..

  2. wah kalo sambil ndengerin musik jadi enjoy si tapi saking enjoynya bisa g konsen sama kondisi di belakang,IMHO lho, , , ,,hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s