Pilih-pilih Motor, Tentukan Sesuai Kebutuhan (2)


DOHC 4-Valve Overbore Engine

Pabrikan menawarkan motor sipp buat performa, tarikan spontan. Ada lagi yang mengklaim bisa buat belanja lantaran punya bagasi lega. Apalagi sekarang ada tipe sport(impian kite-kite yang menengah-bawah ye) yang unggul di segala aspek(lagi rame di jagad blogspere)..

Bingung kan! Mau pilih mana?

Pertanyaan seperti ini layak ada dipikiran calon pembeli motor baru. Silahkan tunjuk dan tentukan sesuai kebutuhan sobat..

Baca Spesifikasi(ini lanjutan dari postingan pertama)

Over Bore/Over Square(langkah pendek banyak diaplikasi tipe sport batangan)

Mesin motor yang seperti ini merupakan kebalikan dari long stroke, artinya ini mesin punya diameter piston(bore) lebih besar daripada panjang langkah(stroke). Ukuran bore lebih besar dari ukuran stroke. Mesin ini memiliki kelebihan tahan di rpm tinggi, torsi dan power didapatkan pada rpm tinggi. Power maksimum pada putaran menengah dan tinggi. Ini mengejar top speed. Sangat bagus buat jalan lurus dan panjang. Cocok untuk motor sport ataupun motor touring motor balap(MotoGP) juga make mesin dengan type ini sobat..

Satria FU diameternya 62 mm x 48,8 mm..Scorpio Z 70mm x 58mm..Mega Pro(yang tipe old) 63.5mm x 49.5mm..CBR150R FI 63.5 mm x 47.2 mm, CS1, Tiger, Ninja250 & 150, KLx250 & 150, tuk bebek ada Shogun110, Smash110(sudah discontinue), Edge juga Athlete(apalagi ya)..

Dengan satu putaran kruk as yang lebih pendek, membuat motor dengan karakter mesin over bore gigi 1 dan 2 kurang mengentak..tuk putaran atas, hmm ajib tenan rek..

Square(Bore dan stroke hampir sama masih jarang yang pake)

Mesin yang memiliki bore dan stroke sama. Misal bore 50mm dan stroke 49,5 mm Honda C100 aka Grand dan Supra x(sudah discontinue), untuk sport ada yang pake mesin square, NMP150(57,3 x 57,8 mm) dan Byson (58 x 57,9 mm) merupakan motor yang pakai mesin berkarakter square(hampir sama)..

Merupakan gabungan kelebihan mesin diatas(long stroke & overbore). Singkatnya mah motor mau aja diajak touring atau ngebut tapi tetap irit(relatif ya). Kebanyakan mesin dengan tipe square ini terapannya di motor balap road race yang membutuhkan power besar di putaran mesin tengah sampai atas..

Sesuai Fungsi Dominan

SOHC 4-Valve Overstroke Engine

Sadar diri butuh buat apa motor yang akan dibeli. Coba kaji ulang kebutuhan dominan sobat. Misal buat ngangkut barang ringan, terus melewati jalan macet. Sebaiknya pilih yang pakai kopling otomatis(aplikasi di motor jenis bebek alias underbone, beda loh ya sama transmisi otomatis) daripada manual(tipe sport bebek masih jarang yang make).

Kopling otomatis lebih simple dikendarai. Tangan sebelah kiri nggak perlu repot urus handle kopling. Bakal repot kalau lewat macet. Stabilitas juga terjaga saat menikung. Bisa juga pilih yang punya bagasi luas. Jadi pas motor digeber beban nggak nempel dibadan atau barang mesti diikat dimotor. Yang dapat mengganggu saat riding motor.

Oia perihal motor matic, sebenernya jenis motor ini memang dirancang sesuai untuk pemakai perkotaan yang insfraktuktur jalannya mulus dengan aspal tanpa lobang dan ancur (yang marak di jalan perkampungan)..lha dikampung malah makin banyak yang pakai. Padahal dengan ring/pelek 14” lebih rentan lho terhadap jalan rusak serta jarak mesin ke tanah lebih rendah sering ‘ngasruk’ dah di bodi bawah klo lewat jalan nggak rata..

Apalagi matic dipakai touring ataupun dipakai mudik alamak!!(MB ngelus dada sobat, banyak lho yang make saat musim mudik kemaren) dengan jarak lebih dari 200KM..apa cepet nyampe ya xixi..MB sering lihat owner matic kala panic brake dengan menekan tuas rem depan sekuatnya dengan ban ring kecil 14”, roda depan gampang mengunci sobat jadi jatuh deh(nie baik dijalan aspal apalagi jalan berbatu)..ditambah dengan kaliper rem single pistonnya yang bawaannya sensitif(tidak seperti double piston, halus)..ko jadi curhat ya..

Buat pekerja dengan daya jelajah disegala medan pilih kuda besi jangkung(trail boleh). Bisa memilih jenis sport yang cocok jadi alat transportasi buat ke sekolah atau ke kantor termasuk penikmat touring. Pertimbangkan juga bobot dan akselerasinya dengan kondisi jalan. Lagi-lagi MB pesen sobat jangan sampai tersiksa pas melewati jalan ramai..

Pertimbangan Dana

Ini yang tak kalah penting. Sudah ketahuan motor mana yang mau dibeli, nggak tahunya dana tidak cukup(aduh!  bagi yang punya unlimiter hehe) dengan pertimbangan kebutuhan lain(bagi yang sudah berkeluarga)..tidak usah kuatir. Beberapa pabrikan motor sudah punya varian murahnya seperti bebek, matic, sport dengan varian velg jari-jari biasanya & rem depan tromol(masih ada nggak ya). Beli unit alternatif bisa jadi pilihan(second hand sobat, seperti MOTUBA boleh xixi, nggak harus baru kan)..motor yang berusia 1 atau 2 tahun masih layak sobat blom banyak yang diganti spare partnya.

The End..

Salam Biker untuk Solidarity Forever..

14 thoughts on “Pilih-pilih Motor, Tentukan Sesuai Kebutuhan (2)

  1. Setuju masbro…, saya utk keperluan sehari-hari mengandalkan matik bagasi gede, karena memang itu yang saya rasa pas utk saya.

  2. minta saran ya…
    saat ni sya msh bngung milih motor.
    motor tu mau ku buat kerja tiap hari.
    jarak tmpat kerja 60km, pp 120km. 45km jalan datar, 15km naik turun gunung dg medan kasar & berlubang.
    saat ni menggunakn supra 125, dg kendaraan tu saya bsa dg mudah klo membawa barang. cuma sya mrasa capek & trasa tdk nyaman dg pistonnya. klo motor laki2 kadang ribet kalau kebetulan ada barang yg dibawa. kebanyakan teman2 sya mnyarankan ganti dg motor laki2.
    mohon saran dg jarak & medan tempuh spt tu, shrusnya saya menggunakan motor merek/jenis pa?
    trimakasih atas sarannya

  3. supra 125 bagus lo buat nanjak cuma mesti dirubah dikit dr standar’y(bawaan pabrik), tuk leher setang bisa dpotong agak pendek’n(biar nyaman bro) & tk gir belakang bs dganti lbih besar dr 36 k 38 atau gir depan turunin dr 14 k 13(biar makin jos nanjak’y tp nanti top speed bkurang) terlebih dahulu konsultasi k bengkel y bro..makasih dh bkunjung & koment’y bro..

  4. ane mau beli motor buwat bawaan berat & medan kasar.ane bingung mau supra 125 atau new jupter mx.tolong arahanya.

  5. om aku bingung nih mau beli motor. matic. sehari2 kuliah, medan perkotaan. penginnya sih scoopy, tapi kalo scoopy ntar kuat buat nanjak gunung gk ya? 😂😂 cz aku suka muncak2 gitu 😂 enaknya apa ya? apa beat aja? heuheu

  6. @ios
    pilih matic yg cc gede bro, kn ada skg kelas min 125-150cc, lebih nendang tarikan’y..ada vario & nmax. beat & scoopy cm 110..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s