Premium dan Pertamax tidak Sekedar Angka Oktan


Apa sih bedanya Premium dan Pertamax?

Pertanyaan paling mendasar tentang bahan bakar produk anak negeri ini memang jarang terdengar.. Tetapi kalau ditanyakan, paling banter jawabannya ada pada nilai oktan yang berbeda, Premium 88, Pertamax 92. Selain itu warna Premium berkelir kuning sedang Pertamax biru. Paling gampang memang itu jawabannya, tetapi dilihat dari pembuatannya akan terlihat lebih jauh perbedaannya. Waktu silahturahmi ke sobat MB yang bekerja di BUMN yang khusus memproduksi minyak dan gas ini, menjelaskannya lebih lanjut waktu ngobrol tentang Premium sama Pertamax..

Aromatik

Asalnya memang sama-sama dari minyak bumi. Selanjutnya melalui proses distilasi, yaitu proses penguapan dengan suhu tertentu. Senyawa hidrokarbon(orang kimia faham tentang ini) dalam minyak bumi dipilah menjadi berbagai praksi sesuai dengan produksi yang diinginkan..

Urutan dari gas yang paling ringan adalah LNG, LPG Naphta baru Straight Run Gasoline (SRG). Biasanya SRG memiliki kadar oktan yang rendah, sekitar 70. Setelah itu dilakukan proses alkilasi yang menghasilkan alkilat yang memiliki bilangan oktan yang tinggi. Gunanya untuk meningkatkan oktan SRG menjadi Premium(oktan 88).

Selain SRG juga dihasilkan High Octane Mogas Component(HOMC) dengan nilai oktan 90. Untuk  meningkatkan nilai oktan, dilakukan proses secara kimia yang biasa disebut aromatisasi. Yaitu menambah kadar benzene didalam aromatik HOMC yang memiliki kemampuan antiknock yang tinggi. Hasilnya Pertamax dengan nilai oktan 92. Pertamax dibuat tanpa menggunakan aditif. Berikutnnya baru dilakukan pewarnaan untuk membedakan Pertamax dan Premium..

Pertamax lebih cepat menguap dibanding Premium. Jika disulut api Pertamax akan lebih cepat menyambar ketimbang Premium. Tapi jika diruang bakar, Premium justru lebih mudah meledak(autoignition) dibanding Pertamax, sebab kompresi rendah butuh bahan bakar yang mudah terbakar..2 minggu yang mpunya warung disibukan dengan perkerjaan. sekarang mulai ada waktu tuk buka lapak warung..yuks mari..

Salam Biker Untuk Solidarity Forever..            

7 thoughts on “Premium dan Pertamax tidak Sekedar Angka Oktan

  1. “”Pertamax lebih cepat menguap dibanding
    Premium. Jika disulut api Pertamax akan lebih
    cepat menyambar ketimbang Premium. Tapi jika
    diruang bakar, Premium justru lebih mudah
    meledak(autoignition) dibanding Pertamax,
    sebab kompresi rendah butuh bahan bakar yang
    mudah terbakar..””

    ———————————————–

    nice info mas bro…….

    namun klo boleh berpendapat…..
    soal premium lebih mudah meledak pastinya karna kompresi/ tekanan yg pas kan ? artinya meledak karna percikan api busi bukan karna kompresi….
    nah klo tekanan lebih tinggi berarti akan meledak lebih cepat dr waktu percikan karna nilai oktan (ketahanan trhadap tekanan) lebih rendah dr nilai kompresi….

    yg sy tau, pertamax walau lebih tahan kompresi namun tetap akan meledak secara tepat walau kompresi nya setingkat kompresi premium ketika busi memercikan api, namun akan meledak lebih cepat sebelum percikan jika kompresinya lebih tinggi dr kompresi yg seharusnya…..

    poin sy adalah antara pertamax dan premium sama2 akan terbakar pada waktu yg sama jika disulut api…
    namun pertamax lebih tahan terhadap kompresi dibanding premium, artinya tidak mudah meledak karna kompresi….

    begitu ngga yah ?
    sori klo salah

  2. kompresi lebih 8,5:1 k atas pake premium”gas bakar lbih dulu meledak sblum busi meletik”.
    bgtu jg pake pertamax namun kompresi dbwh 8,5:1 “hal ini bkn tdk bagus, namun bahan bakar yg dpake jd percuma lantaran tak imbang”..

  3. wah nais inpoh Gan. makasih banyak, ini yg lg jd kebingunganku secara terbiasa pakai bbm oktan 95 pada motor krn harganya yg melambung aku ditawarin pemakaian premium plus oktan buzter, nah apakah kenaikan oktan pd premium setelah penambahan oktan buzter shg setara pertamax/plus berarti sama kandungannya secara kimiawi ? apakah efek prwmium + oktan buzter pada mesin motor sama dng efex pertamax/plus ?
    mohon penjelasannya Gan. makasih banyak

  4. premium + oktan booster =premix (premium mixer). oktan booster yg djual dsini kbanyakan tdk benar2mnaikan oktan dr premium, btambh tdk signifikan pling 1 angka. Slain repot hrs kluar dana tambahan, klo palsu ad efek’y carbu & ruang bakar akan kotor.
    oktan booster pggunaan’y emergency tk motor kompresi tgi, ktika tdk dpt mnemukan bbm yg cucok. Smacam doping mas tri..
    saran MB pertamax, relatif lebih aman..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s