Ngerem Kok Cuma Belakang Doang


13_ER250C_G_02

Selamat pagi sobat biker. Waktu ke bengkel umum untuk beli part kampas rem motor MB(beli part tuk pasang sendiri dirumah), dibengkel ada matic yang lagi servis ganti kampas rem juga. Coba tanya mekanik soal kampas rem mana yang lebih cepat habis, rata-rata mereka menyebut kampas belakang. Padahal mestinya kampas depan dulu yang habis.. Kesalahan ini ada hubungannya dengan kebiasaan awan yang ngerem pake belakang doang malah ada lampu rem (switch rem hitam bentuknya pake pegas nempel di kaki kanan) ampe putus lampu lho kalo terlaluu sering neken pedal remnya..Padahal pengereman jauh lebih efektif  jika dilakukan bareng antara rem depan-belakang. Bahayanya, saat roda belakang terkunci akibat pengereman punya resiko tergelincir sobat..

p200ns-black-color

Teorinya, saat terjadi pengereman distribusi bobot bergeser kedepan sampai 70%, sisanya ada diroda belakang. Gampangnya saat pengereman ditanggung roda depan. Klo sobat nekat terus pakai rem belakang tanpa diimbangi rem depan, ya nggak bakal efektif karena rem belakang sifatnya mendukung rem depan..

Dilihat dari kontruksi bentuknya rem motor sobat, pasti rem cakram didepan dan rem tromol dibelakang iya toh..karena rem depan punya beban lebih maka dikasih rem disk yang lebih kuat untuk menghentikan laju motor..

Kalaupun motor standar pake rem cakram depan-belakang, pasti diameter disk depan lebih gede dibanding belakang..Paling penting, rem depan itu bukan pajangan sobat. Gunakan rem depan terus imbangi dengan rem belakang untuk pengereman yang efektif.

Salam Biker, untuk Solidarity Forever..

5 thoughts on “Ngerem Kok Cuma Belakang Doang

  1. justru kalau aku malah sering mendewakan pake rem depan ketimbang belakang, cuma kalau hujan sama jalan berpasir baru rem belakang meraja😀😀😀

  2. @dear all
    klo MB porsi pengereman di depan 80%, belakang 20%..sebenar’y pengereman belakang sudah dibantu & didapat dr engine brake mas bro melalui rante k roda blakang..ok slalu safety riding first..

  3. bener mas, saya juga baru mempraktekkan beberapa waktu yang lalu soal teknik pengereman ini 80% depan dan 20% belakang. dan hasilnya emang beda mas, biasanya kalau panic brake ban belakang ngesot sekarang udah nggak lagi😀

  4. selalu Safety Riding masbro kala riding djalan. Composisi rem ini bisa sobat berbagi k riders yg lain..sebarkan walopun msih dikit..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s