Leasing Motor, Selektif Biar Nggak Pusing


An Israeli army dog attacks a Palestinia

Ada pepatah lama bilang, punya teman penjual minyak wangi maka akan kecipratan wanginya. Nah, MB punya teman yang bekerja di Leasing Motor jadi nambah ilmu lagi tentang Leasing motor hehe..

sobat biker yang sudah kebelet pingin pinang motor baru?, tenang ada pedomannya sobat..langsung deh berbagi pada sobat bikers semua(jadi siapkan kalkulator dan lembaran kredit leasing’y tuk ngitung cicilan biar ngak pusing nanti’y hehe) ..

Lebih dari 90% pembelian motor dilakukan lewat leasing. Leasing bisa disederhanakan kredit alias bayar tapi nyicil xixi..selektif sebelum transaksi jadi modal utama sobat..caranya tanya Suku Bunga..itu pertimbangan awal..

Rumus standar, tentu pilih bunga rendah. Umumnya tidak dicantumkan sobat, tapi bisa ditanya langsung pada pemilik showroom alias deler motor..konsentrasi pilih bunga rendah, tapi hati-hati soal tenor atau jumlah rentang masa bayar..ada tenor ganjil dan tenor genap..

Jangan terkecoh selisih cicilan dan uang muka. Tetap kalkulasi. Misal tenor ganjil, tentang waktu cicilan 11, 17, 29 dan 35 bulan. Sedangkan tenor genap, 12, 24 dan 36 bulan…calon kunsumen harus hitung ulang, yang mana kira-kira paling menguntungkan..coba sobat hitung jenis cicilan total dari motor dan uang muka yang sama dari perusahaan leasing berbeda..ambil uang muka Rp. 5 juta.

Leasing X dengan tenor ganjil 11 bulan setiap bulan konsumen harus cicil Rp. 1,857 juta. Ditotal mencapai Rp. 20,427 juta.

Sementara Leasing Y yang 11 bulan, setiap bulan setor Rp. 1,780 juta. Ditotal adalah Rp. 19,580 juta. Selisih perbulannya 100rb..nah tinggal melihat mana kira-kira yang menguntungkan..

Begitunya, pilihan jangka waktu pinjaman juga harus diperhatikan, ini menyangkut kemampuan seseorang untuk bayar cicilan..makin lama jangka peminjaman(masa waktu kredit), makin besar pula suku bunga yang harus dipikul sobat..

Hal penting menyangkut bunga leasing, Ini menyangkut harga motor yang bisa berobah 2 kali setahun. Waktu nasabah terikat kontrak, cicilan dibayar sesuai daftar harga saat kontrak dilakukan. Sekalipun 3-6 bulan kedepan ada koreksi harga..

Terakhir soal fasilitas. Menyangkut asuransi kehilangan..ini dibebankan ke sobat/konsumen..biasanya asuransi sekitar 3-3,5% dari harga on the road motor..

Salam Bikers untuk Solidarity Forever..

6 thoughts on “Leasing Motor, Selektif Biar Nggak Pusing

  1. bagus’y sih beli motor cash tidak dipusingkan dg cicilan bulanan.. Slain kbutuhan sarana transport masih da jg kbutuhan lain’y jg..solusi’y kredit..

  2. Bunga nya leasing itu tinggi banget bang, mending ambil kredit tanpa anggunan, secara finansial ya,,, mending cari alternatif lain, lalu bandingkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s