Safety Riding yang Bikin Efisien


Foto0011

perhatikan putaran mesin (RPM) dan persneling

Naik motor dengan teknik aman berkendara – safety riding bikin efisien sobat..Hemat bukan cuma untuk BBM(bahan bakar minyak) saja sobat, tapi juga usia pakai komponen dimotor..Terlebih lagi, biaya resiko akan  kecelakaan juga bisa dihemat(amit2 ya sobat pingin’y jangan). Ini responsibility MB terhadap para bikers untuk berbagi pengalaman safety riding yang benar untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan raya(MB turut berduka cita untuk Ustadz Bikers yang ninggalin kita duluan). sebab asal geber berpotensi besar buat badan sobat mencium tanah air alias kecelakaan..

Bahan bakar efisien dimaksud yakni penggunaan yang pas sama kebutuhan..secara teknis bensin masuk ke ruang bakar sesuai permintaan..makin besar putaran mesin, makin besar pula pasokan BBM yang masuk kedalam ruang bakar..

Karena itu, pemilik motor wajib paham akan karakter mesin..mengetahui putaran mesin ideal itu paling standar agar konsumsi bensin nggak boros..dibeberapa motor memang sudah dilengkapi panel RPM alias Tachometer, ini memudahkan pengendara aka bikers mengetahui berapa putaran mesin alias siklus dalam semenitnya..memang agak sedikit repot kalau motor tidak atau belum dilengkapi panel RPM..

Nah cara paling gampang untuk mengetahui apakah mesin efisien atau tidak, yakni dengan mendengarkan dan merasakan saat gas dipelintir dan melakukan akselerasi..waktu mesin berkitir serta berlanjut pindah gigi, usahakan jangan menunggu mesin teriak..ini bikin boros sobat..

Satu karakter lain yang bisa membuat boros BBM yakni kebiasaan ngegas waktu berhenti diperempatan lampu lalu lintas(stopan)..bensin ngucur tanpa menghasilkan tenaga..sama halnya ketika riding di kemacetan, mesin berputar tapi tidak menghasilkan jarak yang diinginkan..diam tapi bikin boros juga..

Bisa juga diibaratkan badan kita sobat..Makan banyak yang otomatis bikin timbangan atau berat badan naik(ini fakta ya tho)..tapi jadi nggak terbakar karena aktivitas badan sedikit..itu jelas malah bikin penyakit..

Cara berkendara yang tidak benar(salah berarti), juga punya efek besar terhadap penggantian spare part..beban dan putaran mesin berbanding lurus terhadap resiko komponen cepat aus..makin besar dan tinggi putaran mesin, makin cepat pula keausan komponennya..apalagi klo memaksa mesin untuk mencapai limitnya(misal untuk balap) sekedar info mesin MotoGP yang pabrikan ngabisin 5 mesin dalam setahun race sobat..

Komponen seperti kampas kopling, piston dan gear depan-belakang akan bekerja lebih besar dan mempercepat keausan..pasokan bensin juga makin besar..

Hal lain yang bikin boros yakni penggantian komponen variasi yang tidak tepat..misal penggantian pelek depan-belakang dengan bobot berat..ini masalahnya komponen variasi cuma gaya sobat..Sekarang saatnya memikirkan fungsi..jadi, sobat bikers mesti selektif memilih variasi..

Bukan berarti menggunakan variasi dilarang..silahkan pakai tapi ingat fungsi dan kebutuhan di motor..pilih part yang memang sesuai dengan keselamatan dan kenyamanan..biar tidak boros (dikantong)juga selalu safety..

Salam Bikers, untuk Solidarity Forever..

 

8 thoughts on “Safety Riding yang Bikin Efisien

  1. Athlete pengembangan dr Blitz Joy, Zone yg tadi’y trah bebek ke ayam jago ngikutin satria FU. Klo ZX130 murni pake mesin baru(bro bs lihat d spesifikasi motor). Asik pake motor ini, emg dilihat dr design kurang enak dlihat. Tapi klo dh make lama & dh dpt feel’y(dh tau karakter’y) jooss gandozz mas. Handling’y mantatap & kala dipake touring lama enggak bikin capek punggung..Ampe skg masih dpake tuk Harian..

  2. iya mas bener, spesifikasi juga sama plek sama kawasaki Zone, paling cuma beda di sumbu roda sama rear suspension tok. ZX ini emang oke mas, sempet kepincut juga sebenernya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s