Oli Mesin Motor Kalau Sudah Hitam Mendingan Diganti


beragam oliiiii

dipilih-dipilih dan sesuaikan dengan kebutuhan mesin

Oli bekas kayak kecap. Tapi oli bukan kecap manis penikmat sate. Oli bekas ya bekas oli xixi. Udah Hitam, legam lagi(sedikit becanda perlu donk). Kalau diperiksa sudah seperti kecap, buru-buru deh dibuang dan diganti oli baru sobat..

Proses kerja mesin menyebabkan oli jadi begitu. Hitamnya oli mesin atau girboks berbahan bakar bensin awalnya bening. Kuning ke abu-abuan. Ada juga hijau, biru atau merah(dah kaya warna cat aja hehe). Nah, lantaran terus-menerus melumasi mesin, oli berubah warna..

Jelasnya gini, fungsi minyak pelumas mencegah gesekan antar logam di dalam mesin. Proses itu mengakibatkan kandungan oli berubah. Unsur oli teroksidasi atau rusak saat proses pembakaran. Unsur karbon(C) dan air (H2O) yang teroksidasi larut dalam kandungan oli. Hasilnya oli menghitam. Makin kentara setelah motor sobat menempuh ribuan kilometer..

oli-bekas

ini penampakannya

Oli berubah jadi legam juga lantaran kotoran. Partikel sekecil apapun menyebabkan oli seperti kaya kecap. Unsur deterjen sebagai pembersih kotoran nggak lagi berfungsi sobat. Kualitas oli jadi anjlok. Makin parah jika kondisi mesin motor sobat mempercepat oli jadi item. Didengerin, suara mesin berisik. Itu tandanya si oli nggak licin lagi, sobat. Daya lumas berkurang..

Sering geber motor di RPM(putaran mesin) tinggi, juga jadi sebab oli jadi cepet item. Ini di alami motor harian MB. Temperatur mesin jadi tinggi, mempengaruhi ketahanan oli itu sendiri dan jumlah olinya berkurang..

Makanya, begitu oli ketahuan item, siap-siap diganti baru. Walopun belum mencapai jadwal pernggantian oli. Amannya sih begitu sobat. Onderdil aka spare part mesin mahal, mending rada boros oli..

Ingat Saluran Pernapasan Oli

Fungsi oli girboks melumasi bagian bergesekan dan bergerak, sifat oli pun berubah saat mesin berputar cepat. Ibarat botol dikocok, oli pun jadi bertekanan. Inilah perlunya saluran napas oli-breather (bagi biker yang sering ngoprek motor hariannya pasti tau letak selangnya dimana). Saluran itu tak boleh tersumbat sobat(untuk motor type sport mudah, tuk matic dan bebek sedikit sulit coz terbungkus body). Sebab tekanan ta mampu dilepas, korban berikutnya paking..

Buang Oli, Saat Mesin dalam kondisi Panas( nuju rada anget)

Supaya ruang mesin bersih dari kotoran oli, selalu ganti oli pada saat mesin panas. Sebab saat itu oli yang keluar encer dan membawa semua kotoran. Hanya mesti hati-hati saat buka baut pembuangan olinya. Kondisi panas, membuat logam lembek sobat..so, sudah di cek belum oli mesin motornya sobat bikers?🙂

Salam Bikers, untuk Solidarity Forever..                                       

8 thoughts on “Oli Mesin Motor Kalau Sudah Hitam Mendingan Diganti

  1. langkah pengecekan yg paling tepat, pagi2 ssudah mesin istirahat panjang, oli blom jalan2 k pelosok jeroan mesin-masih d bak mesin..

  2. @adi
    klo oli encer SAE 5 ampe 10 – 30W ampe 40W baik’y ganti sebulan skali sobat..
    klo oli rada kental SAE 20-50W sobat bisa ganti lebih dr sebulan(kurang dr 2 bulan)coz sifat’y ga gampang nguap & tahan panas..

  3. Mo nanya nih..nobilku civic wonder th 86 baru gnti oli skitar sminggunan tau2 stlah tk cek oli brubah wrna abu2 trus banyak campuran air dari radiator..akhirnya tk kuras trnyata oli bnyk kcampur air dan berwarna abu2..kira2 ini apa ya penyebabnya tlong ksh konfirmasinya donk. Trmksih saya tunggu jwbnya

  4. @danto
    baru dbls skg..
    coba cek dulu air di reservoir tank, jg air di radiator habis ngga?
    cek kebocoran pada waterpump radiator’y pada seal karet & as rotor baling2 pompa’y..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s