First Impression Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS 2013


Foto0025

Sehari setelah soft launching, 8 Juni dihari sabtu (berarti semingu lalu) MB buat reviewnya untuk sobat bikers yang nggak bisa hadir lihat motor langsung, motor hasil kolaborasi tiga negara (sobat tau kan negaranya apa saja), Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS di stand Kawasaki Jakarta Fair 2013, MB menyempatkan diri hadir disana untuk melihat motor yang akan dibenturkan langsung dengan CB150 dan NVL ini secara dari harga nggak terpaut jauh 23,3 Jt. KB Pulsar 200NS ini tidak semuanya CBU dari India, ada campur tangan KMI dimotor ini, diantaranya aplikasi AHO(Automatic Headlamp On), cat dibody dengan warna lebih cerah, stripping, dudukan plat nomor dijidat, absennya standar tengah dan sari guard. Dan Infonya, KMI meninjau dan mengontrol standar kualitas untuk keseluruhan tingkat produksi bersama Bajaj khusus motor ini untuk pasar Indonesia. Berikut 1st  impressinya :

Body

(R)Foto0008

Tekno body yang uptodate mirip CB1000 tapi ini lebih proporsional dengan kapasitas mesinnya yang 200cc. Aplikasi body plastik ditangki mirip seperti Byson yang pake kondom(tangki dibalut cover plastik abs), dengan kapasitas tangki 12 liter cukup untuk riding jarak menengah. Menurut MB design covernya menyatu dengan sroud jadi terlihat enak dilihat. Tutup tangki rata seperti generasi pulsar sebelumnya.

Foto0022

Ciri khas gen Pulsar, tidak dihilangkan oleh Bajaj untuk area belakang mirip paduan Pulsar 180 dan 135cc nya.

(R)Foto0006

Untuk cat body dilakukan di KMI sobat, jadi finishingnya lebih rapi serta aplikasi stripping dibody. Dibelakang tangki sudah dilengkapi tank pad tebel warna hitam dengan bahan karet dan cover radiator. Posisi setang jepit tinggi diatas jok, nyaman tentunya nggak bikin bungkuk badan. Ergonomi pulsar, pas dinaikin MB dengan tinggi 175 ngepas kaki napak sempurna(dibawah 170 bakalan jinji balet xixi)..sempet request ke sales untuk dengerin suara motor, ada-ada aja bensin ditangki sangat minim sobat, jadi batal deh.

Foto0011

Didashboard ada tacho, speedo, trip, jam, peringatan aki, indikator switch standar. Nice..Cuma kunci kontak masih tipe lama bukan yang pakai penutup magnit. Spakboard belakang beda sama motor lain. Secara fungsi kurang maksi untuk musim hujan terutama..ciret ke motor lain dibelakang.

(R)Foto001

CB style Headlamp

Mesin

Foto0015

Mesin 4 tak yang unik sobat, dengan kapasitas 200cc 6 speed, mesin tipe over square(langkah pendek) 72 x 49mm, SOHC 4 katup(mirip NVL Cuma masih karbu). Dipadukan dengan patent dari pabrikan yang berpusat di Chakan ini dengan tekno tiga businya, Bajaj menamainya DTS-I (Digital Triple Spark Ignition). Yang secara logika motor dengan pengapian 1 busi saja sudah irit & efisien apalagi ini dengan 3 businya sobat. Mesin mengaplikasi pendingin cair(beda dengan generasi pulsar sebelumnya yang mengaplikasi pendingin udara pake sirip) dengan performa stabil, cocok untuk riding jarak menengah-jauh. Direkomendasi memakai Pertamax sobat, biar lebih joss sobat karena ini motor pakai kompresi tinggi 11,0 :1.

Chasis

Foto0007

Rangka memakai tipe baja Perimeter Press mirip NVL(dengan paten Deltaboxnya) tapi bentuknya lebih besar dikit sobat. Sock depan ukuran 37mm dan ukuran pelek sudah sama kaya Ninja Fi dan CBR series 2,5″ untuk depan dan 3,5″. Dan monosock dibelakang yang memberikan kenyamanan berkendara disegala medan jalan. Untuk dudukan plat nomor depat yang dijidat posisinya beda dengan versi di Indianya dibawah headlamp, tapi dibawah head lamp ada lobang baut sudah sedia untuk modip dudukan plat nomor yang pingin dibawah. Absennya standar tengah, jadi repot juga kalau ada masalah motor di kemudian hari. Mungkin KMI sudi untuk revisi nambahin standar tengah ini nanti. Oia sobat2 pada nanya, ko masih masih karbu belom injeksi seperti lainnya,. Karbu menurut MB, justru dalam perawatan lebih simple sobat. Nggak perlu alat elektronik untuk nyettingnya. Side Stand Switch juga ada dimotor ini sobat, didashboard ada indikatornya. Good  job..

Salam Bikers, Untuk Solidarity Forever..