Maintenance Motor dengan Genuine Parts, Sedikit Mahal tapi Awet (1)


car-parts

 

Setiap motor dibuat dengan suku cadang asli-genuine. Suku cadang tersebut memiliki design dan spesifikasi yang optimal yang disesuaikan untuk motor yang spesifik dari tipe dan modelnya. Setiap bagian telah melewati standar pengujian yang ketat untuk menguji kinerja, kualitas, daya tahan, keamanan dan kenyamanan.

Rutin melakukan perawatan dan penggantian suku cadang yang habis terpakai serta oli/chemical adalah kunci bagi sobat menikmati pengalaman riding-berkendara yang aman dan nyaman dengan motor sobat untuk jangka waktu yang lama. Bisa tahunan bahkan sampai puluhan tahun sobat. MB sudah buktikan.

Mengapa Perawatan berkala Sangat Penting?

Suku cadang akan mengalami keausan dan oli/chemical akan berkurang seiring berjalannya waktu. Sobat akan tenang jika melakukan perawatan berkala sesuai jadwal yang ditentukan. Contoh dengan melakukan perawatan penggantian oli mesin secara rutin, penggantian saringan udara dan mengecek keausan kampas rem. Perawatan berkala membantu untuk memastikan keselamatan, keandalan, kenyamanan dan performa optimal motor. Ini menghemat uang dalam jangka panjang sobat dan menghindari masalah besar yang menimbulkan biaya mahal. Perawatan berkala juga bisa meningkatkan nilai jual motor sobat dikemudian hari.

Suku cadang yang habis terpakai adalah oli/chemical mesin, filter oli, filter udara, busi, minyak-cairan rem, kampas rem(cakram & tromol), rantai-gear depan dan belakang, V-Belt dan coolant(untuk mesin dengan pendingin cair a.k.a radiator). MB akan diposting dalam beberapa episode(mirip seperti disinetron xixi). MB yakin sobat bikers bisa maintenance-merawat motor sendiri atau bahasa Germannya Do It Yourself  dirumah dengan tujuan untuk menghemat budget pengeluaran bulanan. Yuk jadi Sunday Mechanic( jadi montir motor dihari minggu) untuk motor sendiri..

Oli Mesin 

beragam oliiiii

Fungsi dan Tujuan

Banyak komponen didalam mesin yang memiliki gerakan berputar dan maju mundur. Oli mesin bertugas melumasi komponen-komponen tersebut untuk memastikan kinerja yang maksimal. Oli tersebut mendinginkan mesin, membersihkan, serta melindungi komponen didalamnya. Oli mesin harus dicek setiap minggu dan diganti secara berkala. Kalau MB sich ganti oli tiap gajian/tiap awal bulan xixi..

Gejala yang diakibatkan dari Penggunaan Oli yang Berlebihan tanpa Penggantian

  • Suara tidak wajar yang mengakibatkan kerusakan pada mesin
  • Berkurangnya jumlah oli(hati-hati ni)
  • Tingkat keausan komponen mesin meningkat

Mengapa Pergantian Oli Mesin diperlukan?

oli-bekas

oli bekas dipake

Seiring berjalannya waktu dan dengan meningkatnya jarak tempuh, oli mesin akan teroksidasi oleh suhu tinggi dan terkontaminasi dengan pertikel kerak karbon dan kelembaban. Jika tidak diganti, akan merusak oli mesin dan mempercepat keausan komponen internal mesin. Pada beberapa bagian mesin akan menghasilkan suara bising dan pada kasus yang terburuk, mesin akan mengunci dan motor mogok total..

Postingan ini sebagai awal come backnya MB setelah vakum cukup lama. Majukan dunia Otomotif Indonesia..Ganbatte!

Salam Bikers, untuk Solidarity Forever..