Ban TubeLess dan Ban TubeType, Untung & Ruginya


ban_tubeless_img_1

kembangan ban tubeless

Maraknya pelek racing juga diikuti ban tubeless dimotor, tentu ada untung dan ruginya juga sobat..Ban jenis tubeless(TL) untuk motor memang lebih berorientasi pada aspek praktis dan ukuran..

Selain praktis ban tubeless juga cukup safety karena saat ban bocor, tidak langsung kempes abiz layaknya ban dalam – tubetype(TT)..jadi, ketika motor digeber dan mendadak kempes tidak langsung jungkir balik sobat..

Kelemahannya, ban tubeless lebih keras dibanding model ban dalam alias TT..sehingga saat sering terjadi benturan secara drastis, efeknya akan lebih parah dibanding ban TT..dampaknya tidak hanya ke ban tapi ke pelek, sock dan lainnya..makannya kurang cocok jika untuk jalan yang kurang bagus aka rusak..buktinya motorcross justru lebih bagus pake ban dalam kan?..

So, untuk motor yang sering lahap jalur menantang dan kurang rata, mending berpikir dua kali untuk aplikasi ban tubeless sobat..ban tubeless paling enak dan pas memang untuk jalan diperkotaan yang mulus dan rata..

Kelemahan lain, ban tubeless tidak direkomendasi jika sudah banyak tambalannya..meski masih bagus, tetap harus ganti demi safety sobat..karena sudah tidak rata dan bisa bikin roda bergoyang saat dibawa jalan..sementara model ban dalam lebih ekonomis karena, asal ban luarnya masih dalam kondisi bagus masa pakai masih bisa sampai habis kembangannya..ya tidak ada masalah meski sudah beberapa kali ganti ban dalam..

Salam Bikers, untuk Solidarity Forever..