Safety Riding, Hindari Adu Kambing


Image

Sobat bikers pasti ngalamin pengalaman suka duka dengan sang kuda besi kesayangan. Seperti salah satunya kecelakaan tabrakan bisa dialami pengendara a.k.a bikers, baik pemula maupun dengan yang punya jam terbang tinggi (bawa motornya). Penting diingat, baiknya hindari atau jangan sampai terjadi sobat. Sebab, bikers jago pun sulit menghindar untuk hal ini..

Perhatikan hal berikut yang bertujuan meminimalkan dampak yang timbul. Sebagai standar prosedur, hindari tabrakan adu kambing (head-on). Ini merupakan bentuk kecelakaan paling buruk, sebab dalam tabrakan head-on, ada dua daya kinetik yang bekerja. Pertama, daya yang menabrak dan juga yang ditabrak. Logikanya, misal kalau daya sobat biker 80 kg dan lawan sobat 80 kg, daya yang akan diterima penjumlahan dari kedua daya tersebut..tulisan ini MB dapat inspirasi tadi malam saat pulang kerja yang dialami temen kerja MB..motor keduanya hancur sobat(semoga lekas sembuh sob)..

Panduan meminimalkan dampak kecelakaan..lakukan hard breaking, segera manuver ke sebelah kiri..terknik pengereman juga harus benar, sebab kalau tidak bisa slip a.k.a sliding..

Ada dua pilihan sasaran objek tabrakan. Pertama, benda statis atau diam. Pilih sawah, semak-semak, pagar bahkan tembok. Benda diam tidak memiliki daya alias 0. Tambahan deselerasi sesaat sebelum kecelakaan, dampak daya kinetik jauh lebih kecil.

Image

lagi ngapain mereka

Dalam menabrak objek diam juga ada caranya. Yakni jangan dihajar frontal. Kondisi tersebut membuat efek front side dimana biker bisa terbang. Parahnya, kalau yang jatuh kepala lebih dulu(amit..amit jangan sob).

Pilihan kedua, menabrak objek bergerak searah. Daya kinetik yang diterima lebih kecil dibanding adu kambing. Tapi bahayanya, biker bisa terseret(bisa nyantol). Maka, usahakan pilih tabrak objek diam.

MB mengingatkan cara diatas merupakan panduan secara prosedural. Namun, bisa saja berubah dilapangan. Yang lebih tahu situasi lapangan yakni si pengendara-sobat biker sendiri. Ketepatan analisa-perkiraan, kecepatan respons dan tindakan jadi kunci safety-keselamatan. So, tetap hati-hati saat riding dijalan sobat..

Salam Bikers, untuk Solidarity forever..