Ngerem Motor ala ABS


Resize of Rem depan ditarik

Sobat pasti pernah denger istilah rem ABS (Anti Lock Braking System)yang kerap digunakan mobil. Piranti itu menjaga agar gerak roda tak terkunci saat di rem mendadak. Hasilnya mobil mudah dikendalikan saat direm mendadak di jalan basah dan berpasir.

Lha dimotor cc kecil belom ada fitur ini, bisa dikatakan belom banyak yang make. Cuma ada di CBR 250, Ninja 250 Special Edition dan para moge tentunya. Pengguna motor cc cilik jangan iri, meski motor tidak menerapkan komponen ini, namun ABS bias diterapkan secara manual lho.

Sebenarnya, tanpa melakukan cara ini, bisa aja motor direm langsung. Cuma, kalo aplikasinya salah, roda akan terkunci justru bisa bikin ciloko sob. Motor tidak bisa dikendalikan, kehilangan arah, bodi ngebuang dan terjungkal.

Nah biar nggak salah langkah, MB kasih trik cara ngerem pake ABS.

Misalkan motor melaju di atas kecepatan 80 km/jam. Tiba-tiba didepan ada orang menyeberang jalan. Yang mesti dilakukan, segera ambil langkah proaktif dengan melihat kondisi sekitar, sambil jaga jarak dengan dengan kendaraan lain.

Sekiranya disekitar aman, tarik tuas rem depan berulang-ulang /dikedut sambil dibantu rem belakang. Jika si penyeberang jalan sudah dekat, dan ada celah untuk berkelit, segeralah menuju celah itu. Tapi, usahan roda depan – belakang nggak mengunci.

Kalau sudah faham maksudnya, coba aja sobat praktikan. Dijamin ngerem ala ABS jauh lebih aman..

Salam dari Bikers Karawang yang punya INTERASIH(Indah, Tertib, Aman, Bersih)

8 thoughts on “Ngerem Motor ala ABS

  1. Pernah jatuh gara gara ngerem sampe roda belakang ngelock,untungnyg ga cedera serius

  2. ABS tidak bisa ditiru oleh tangan manusia, ABS versi yang paling sederhana saja mampu melakukan tekan lepas 7 kali per detik.
    Yang penting dilatih rem dengan empat jari, remas, jangan parkir jari di tuas rem, semua genggam grip, dengkul rapat tangki, latih terus posisi ini, nah pas nanti perlu ngerem panik/kaget, reflek bawah sadar yang sudah terlatih akan bekerja, nggak sempat mikir, apalagi ingat mau kocok rem.
    Sekali-sekali saat masih dijalan sepi, dengkul rapat, rem belakang sampai ngunci, nah latihan merasakan ban ngunci, kalau dengkul rapat motor nggak akan mbuang banyak, masih terkendali.
    (hasil ikut defense riding bersama Joel Mastana)
    Salam,
    bengkelsepedamotor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s