(Maintenance Motor) Agar Aki Awet (3A)


 

 

 

 

aki motor

 

jenis aki basah dan kering

Aki, khususnya aki basah alias accu atawa baterai dimotor bagaikan jantung sobat. Terutama motor yang mengandalkan pengapian DC(cirinya pas kunci kontak di ON mesin belum hidup, lampu langsung nyala) aka Direct Current. Sekali bermasalah, bisa repot. Kalau perlakuannya nggak teratur nyawa aki bisa melayang(lebay dikit xixi).

Paling gampang malam hari ketika motor nggak nyala. Terus, dipagi hari pas mau digas, jangan langsung pencet elektrik starter sob. Sebaiknya dislah aja. Ini salah bentuk perawatan usia aki agar awet tentunya..

Ko begitu?

penampang aki kering

 

penampang aki kering

Aki penyuplai arus ke semua bagian kelistrikan motor. Cara kerja aki nggak langsung josh menyuplai arus. Tapi, butuh waktu supaya arus semua terkirim ke komponen kelistrikan. Kalau sesuai perputaran mesin, di rpm tertentu arus dari aki baru ngisi maksimal. Berapa rpmnya bergantung jenis motor dan merek-tipe aki.

Makanya, butuh pakai kick starter setelah semalaman motor ngangur. Seandainya mau lewat elektrik starter kudu sabar(bagi yang cuma ada elektrik starter). Setelah putar kunci ke arah ON biarkan dulu sekitar 2 menit agar suplai arus merata. Baru deh pencet elektrik starter. Juga bila mesin tidak langsung hidup, jangan pencet langsung ON lagi, tunggu sekitar 5 detik boleh pencet lagi.

Nyambungin kalau motor didiamkan lebih dari sehari, nggak disadari kalau arus listrik dari aki tetap ngirim karena ada kontak positif-negatif ke komponen kelistrikan.

Berarti arus Cuma disuplai. Makanya aki bisa tekor. Padahal kerja aki, kan disaat mesin hidup arus listrik bersirkulasi. Ada baiknya kalau ninggalin motor lebih dari sehari terminal positif-negatifnya dilepas..

Discharge Sebelum Pakai Aki Baru

Terakhir, yang dianggap sepele. Pas ganti aki baru jangan langsung pasang. Cara kaya begini bakal memperpendek usia aki. Prosedur yang benar, aki baru kudu discharge sebelum ditempel ke motor. Lantaran, elektrolit belum 100% sanggup mengirim arus.

Klo dichas, bisa tokcer deh. Aki anyar nggak dipaksa bekerja untuk mengirim arus. Lama ngecas minimal 30 menit, dicas dibengkel resmi (lengkap alatnya).         

simple kan..

Salam dari Biker Karawang, yang punya INTERASIH (Indah, Tertib, Aman, Bersih)..

2 thoughts on “(Maintenance Motor) Agar Aki Awet (3A)

  1. @Rudi Soul
    apabila terjadi ngetrip(konslet), secara otomatis sekring memutus arus listrik. Komponen kelistrikan lain aman. Bisa sob..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s