Komparasi Riding Harian Motor Sport, Bebek, Matic


2011-new-jupiter-mx-gold

Kondisi lalu lintas dikota makin khas sobat..medannya nggak lagi seperti jalan perkotaan biasa. Tapi berobah jadi luarr biasaa…tak Cuma jalan berlubang, macet  tiap berangkat dan pulang kerja juga pembangunan proyek prasarana jalan yang belum urung di sekitaran Jatisari menuju Cikampek  bikin MB ektra waspadalah..waspadalah..

MB komparasi riding harian Baby Ninja(kaze ZX130), Supra X 125(punya temen) mewakili bebek, Ninja RR, Byson(tukeran punya temen)-NJMX mewakili Sport, dan Spacy mewakili matic secara bergantian, dari sisi Ergonomi, tenaga, dan kenyamanan untuk  harian secara bergantian sobat..diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

Ergonomic- Rasa

Foto0027

Pada Ninja RR, Byson dan NJMX problem paling terasa adalah system transmisi manual dan posisi ergonomic dalam menghadapi kemacetan. Body bongsor dan khas membuat handling berat..jika menghadapi jalan macet.. walau MB tinggi 175 masalah riding tetap terasa sob, harus sering menurunkan kaki dan menahan bobot motor di jalan. Jelas untuk sobat yang punya tinggi 170 kebawah masalahnya akan lebih terasa lagi..

Kalau tiba-tiba ngebrake, atau harus nyalip terasa capek..tangan harus selalu control gas, kopling dan rem. Energy terkuras habis sob. Apalagi, saat ditambah situasi hujan deras..

untuk Susi(supra x) bobot yang lincah, ringan dan adaptif punya keunggulan enak disegala medan. Tidak masalah kondisi macet dan jalan basah..

Sistem perpindahan gigi bebek antara manual (kopling) dan matic. Yakni kopling otomatis bikin lebih flexible dan memungkinkan MB mengatur rpm mesin sesuai kebutuhan. Meski otomatis, aspek handling dan manuver terganggu juga pergantian gigi..kadang harus siap netralin di stopan(lampu merah) dan atur gigi yang pas agar tenaga efektif dan pas saat start.

Kalau Matic (Spacy) kelebihannya untuk wanita atau cowok berpostur kecil, motor ini paling ideal dijadikan motor sehari-hari. Mesin matic pas untuk macet sob.

Tanpa repot urus kopling dan gigi. Ada celah tinggal buka gas. Ngibrit dah. Bentuk yang lebih mini gampang meliak-liuk disela kemacetan. Kaki juga mudah digeser untuk mencari posisi wuenak saat lelah mendera..

Kelemahannya, tertumpunya operasional di tangan juga kadang menyulitkan. Klo tangan pegel saat macet, tak bisa lepas dulu. Apalagi ditanjakan dan turunan. Harus pegang rem kan??

Sedikit kritik untuk ergonomic matic, ruang di dek terlalu sempit untuk rider 175  keatas. Merasa pegal saat menjangkau stang..

Power – Tenaga

Foto0019

bagi sport tenaga terlalu mantap mendahului di awal lampu merah. Ia meninggalkan lawan-lawannya dikelas matic dan bebek..disisi lain besar tenaga menimbulkan beban sendiri..power mesin dan kopling manual akan sangat melelahkan. Apalagi dalam kondisi licin macet, MB akan serba salah sob..terlalu banyak ngerem pake rem depan akan tergelincir, sedang rem belakang harus di injak kaki kanan yang diperlukan untuk menopang motor. Kelebihannya akselerasi dan deselerasi (engine brake) yang lebih powerfull membuatnya lebih stabil saat melibas jalan licin.

Untuk bebek tenaga dan rpm bisa di atur dengan baik lewat perpindahan gigi mudah tanpa sulit harus mengontrol kopling. Dibanding matic untuk nyelap-nyelip, bebek lebih mumpuni sob..

Sedang matic agak kurang disoal power, ia akan berkitir di rpm tinggi, sehingga tuk mendapatkan torsi, rider harus betot gas agak dalem, mesin akan teriak ini yang membuat matic konsumsi bahan bakar lebih boros..

Comfortable – Kenyamanan

Motor sport posisi duduk statis dan stang yang lebih lebar jadi merepotkan. Untuk jalan lurus dan tanpa halangan, itu sangat membantu..tapi untuk meliuk-liuk disela-sela mobil, wadoh uangel tenan sob xixi..kadang lebih banyak bertahan ngantri dikemacetan..

Lingkar roda yang 17 inchi, besarnya body dan dan suspensi lembut membuatnya lebih aman dan nyaman hadapi jalan jelek. Saat hujan dan jalanan becek..sport memiliki kelebihan tersendiri..

Bebek dalam kondisi macet pastinya lebih ringan dan nyaman ketimbang motor laki dan memiliki roda yang lebih besar ketimbang matic..artinya ia relatif lebih aman dalam menaklukan jalan jelek berlubang..

Matic enak disaat hujan kaya sekarang ini..posisi kaki yang terlindung dek akan membuat sepatu tetap bersih. Beda dibanding sport maupun bebek..Kelemahannya roda yang lebih kecil, harus jadi perhatian. Perhatikan betul kubangan, klo terlalu dalem repot kan, coz jarak ketanah lebih pendek sob, sudah gitu ada ke khawatiran mesin terendam..

Salam Bikers Karawang                

4 thoughts on “Komparasi Riding Harian Motor Sport, Bebek, Matic

  1. Lagi bingung nih…
    Pengen jual Megibro buat beli bebek, tapi diprotes sama Babeh…
    Terus terang, matic sih enak, tapi yaaa… pas jalan yang bolong dan ngga rata itu, khan ban kecil.

  2. sobat liat trek jalan yg dlalui mayoritas mulus apa rusak, macet jg, pilih bebek super(125-150 cc) non kopling manual, biar power tenaga rada bejaban dg megapro🙂..skg bebek kopling otimatis pabrikan Jepang udah mulai jarang, klo sobat mo ngu mkin nti ada MX King kopling otomatis..mx gen 2 masih ada..tw yg gen 3/baru nti..MB pnah pnya ZX 130 paling enak dpake tuk harian tmasuk jalan rusak, macet. skg udh ga dproduksi lg. kawak skg konsen k sport bike..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s