Review Motor, Suzuki Satria FU 150 Sang Bebek Sport


f150

Mantribiker.wordpress.com. Lama rasanya MB vakum nulis. Yup langsung aja MB kedepanya akan membahas review motor dengan segala teknologi yang diusungnya. Dimulai dengan Suzuki Satria FU. Kebanyakan pengincar-penggemarnya, anak muda yang mengidolakan performa. Yup, motor ini lekat dengan kecepatan. Mengusung engine DOHC(Double Over Head Camshaf) dengan kapasitas 147,3 cc plus 6 Speed, performanya hanya bisa disamai motor sport seperti V-ixon atau Scorpio Z. Megapro, Tiger, Thunder bukanlah tandingan sang FU ini(dalam kondisi standart lo ya). Kemampuan engine ditopang dengan konstruksi rangka dan suspensi layaknya motor sport namun dengan bobot layaknya motor bebek. Alhasil, power engine terasa berlebih dengan bobotnya yang hanya 95 kg sobat..PWRnya sob nendang.

Perangkat Pengatur Klep

FU150-Engine

Mekanisme kerja klep diSatria FU tidak memerlukan rocker arm-pelatuk. Kem terhubung langsung ke klep dengan perantara tapped dan shim.

Celah klep ditentukan oleh tebal tipisnya shim. Dibandingkan dengan mekanisme valve train yang menggunakan rocker arm, mekanisme valve train di Satria FU relative bebas perawatan. Dengan pemakaian normal, celah klep bias bertahan hingga 50.000KM sob. Untuk mengetahui berubah tidaknya celah klep tetap diperlukan fuller yang diselipkan antara kem dan tapped.

Konsumsi BBM

Jangan pikirin konsumsi BBM. Kalimat itu agaknya perlu dibenamkan dalam pikiran sobat sebelum menebus FU, pasalnya untuk ukuran motor bebek konsumsi BBMnya terbilang rakus. 25-30 km/liter. Tapi terbayar dengan performanya.

Minim Akomodasi

new-satria-f150

Namanya juga bebek sport soal akomodasi terbilang minim. Ruang di body yang slim, kurang memungkinkan untuk diandalkan membawa barang.

Electric Starter

030647p

Jangan kaget kalau tidak menjumpai tombol ES pada holder disisi kanan stang. Itu ciri Satria FU produksi awal(2004-2005) unit tersebut masih CBU dari Thailand dan disana memang tidak dibekali ES. Sekarang malah kebalik nie motor dari Indonesia di ekspor ke Thai, Malaysia, dan lainya. Sportnya mana ya?

Keberadaan ES baru menghias holder stang Satria FU sejak tahun 2006. Sejak itu FU sudah dirakit lokal sobat.

images 1

Aki Kering

201206126qtofqoo

Waspadai kondisi aki. Pasalnya peranti CDI juga panel indicator amat bergantung pada kondisi aki. FU dibekali aki kering karena penempatannya miring alias tiduran, jadi pastikan aki pengganti bukan aki tipe basah. Bisa tumpah air akinya xixixi.

Oil Cooler

oil-cooler

Inilah satu-satunya motor bebek yang dibekali peranti oil cooler(koreksi klo ada motor bebek yg lain). Selain oil cooler, sistem pendinginannya ditopang oil jet cooling-suzuki menyebutnya Suzuki Advance Cooling System untuk menjaga engine agar selalu bekerja direntang suhu ideal.

Lebih Hemat berkat Shiftlight (Satria FU 2009-Sekarang)

speedo-satria

Namanya ERM-Eco Riding Mode, fitur ini berguna untuk memandu pengguna agar bisa meraih effisiensi BBM yang lebih baik dari versi sebelumnya sob.

Aplikasinya mudah, tekan tombol karet yang berada disudut kanan panel indicator untuk memilih mode.

Ada 3 mode yang tersedia: Eco, Pwr(Power) dan Normal. Pada mode Eco shiftlight akan menyala pada 4500RPM untuk pindah gigi. Sementara mode Pwr shiftlight akan menyala saat engine mencapai torsi maksimum di 8500RPM untuk pindah gigi.

Lubang Pembuangan Air

images 2

Banyak yang mengatakan bahwa Suzuki Satria F150 itu paling takut terhadap air. Entah habis hujan-hujanan maupun habis di cuci. Biasa aja. Karena letak posisinya ngumpet dekat braket knalpot (mungkin pengguna nggak ngeh) dan jarang dibersihkan, lubang tadi bisa mampet sobat. dibersihkan aja.

Salam dari Bikers Karawang

 

    

5 thoughts on “Review Motor, Suzuki Satria FU 150 Sang Bebek Sport

  1. Suzuki Fu…katanya kencang…tapi cuman sensasinya aja yg kencang…
    Nunduk2 dapat top speed 150 km/j…jebul di gps cuman 121 km/j aja.

  2. Speed untuk motor cc kecil sengaja di kencangin dikit sob, oleh pabrikan demi alasan Safety..nah untuk moge baru beneran tuh speednya..

  3. Montor 1/4 liter pada lebay smua..!!!!
    Top speed 150 kpj dr hongkong..!!!!
    Nippon bagero dah jajah nkri plus hobi nipu..!!!
    Produk berkualitas pd di ekspor.
    Giliran dlm negri harga lbh mahal tapi kualitas bossokk…!!!!! Dah tabiat nippon bagero dr thn ke thn…!!!!
    Terlebih konsumen buta mereknya BOTOL smua…!!!!
    Mudah2an 2015 pasar bebas pabrikan luar pd bikin produk 1/4 liter dg kualitas bagus & terjangkau biar nippon bagero meradang & gak seenaknya dekte konsumen…!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s