Yamaha Scorpio, Powernya Menghentak


scorpio G

Mantribiker.wordpress.com. Motor ini pertama kali diluncurkan ke publik tahun 2002. Di kelasnya Scorpio dibekali volume silinder paling besar ke 2 setelah Thunder 250 yang diluncurkan satu tahun sebelumnya. Cc diatas Honda Tiger yang hanya 198 cc. Konon basis engine Scorpio diambil dari Yamaha TTR 225/Yamaha Serow XT225 Mountain Trail yang bertampang dual purpose bike. Dan Scorpio ini jadi motor sport 4-tak pertama di Indonesia yang megaplikasikan monocross suspension yang merupakan ciri khas motor sport Yamaha sampai sekarang. Jangan heran kalau karakter tenaga Scorpio terasa mengentak diputaran bawah dan menengah. Layaknya motor dual purpose-motor penjelajah sob.

Sejak kemunculannya Scorpio yang beraliran sport turing sudah mengalami 3 kali evolusi design.

Generasi pertama Scorpio(2002-2004)

Scorpio Facelift

masih mengadopsi lampu depan berbentuk kotak. Dengan tangki bensin berkapasitas 12 liter. Bentuknya masih menyerupai RX-King. Scorpio ternyata diproyeksikan Yamaha sebagai successor-Penerus motor sport legendaris Yamaha bermesin 2 tak yang sangat terkenal, RX-King.

Scorpio-dan-RX-King

Generasi kedua, baru pada awal tahun 2005-2010

Scorpio-Z-Generasi-Kedua

penampilan Scorpio cukup banyak mengalami perubahan. Design tangki yang sebelumnya terlihat kotak, berubah sedikit oval, tak hanya itu kapasitasnya pun bengkak jadi 13,5 liter makin sip dipakai turing. Selain tangki, design headlamp juga berubah bulat. Dari perubahan-perubahan tersebut motor ini mendapat imbuhan hurup Z dibelakang menjadi Scorpio Z.

image

pada tahun 2006, Scorpio kembali mengalami penyempurnaan, kapasitas tangki genap jadi 14 liter. Waktu itu lagi popular emisi Euro 2, Scorpio mendapat tambahan teknologi ramah lingkungan, Yamaha menyebutnya AIS (Air Induction System). Pada tahun 2007, ada versi Cast Wheel jadi pilihan kelengkapan Scorpio.

Generasi Ketiga, Scoprio mengalami Major Change(2010-2014)

New Scorpio Z

Generasi ketiga ini mengalami perubahan total di semua bagian bodi, mulai dari lampu depan hingga belakang. Lampu depannya mengambil konsep desain lampu depan FZ-8.

Scorpio-Z generasi ketiga memiliki desain yang istimewa dimana desain lampu yang iconic dan dicirikan dengan pengaplikasian mahkota dari visornya.

The-Scorpion-King-limited-edition

Dan pada awal tahun 2014 ini Yamaha menghadirkan Scorpio-Z Limited Edition yang menawarkan tampilan yang gagah, karismatik dan mewah berkat kombinasi warna hitam di body dan enginenya dan emas di bagian striping.

wpid-wpid-5hlx

Striping berwarna emas yang membentuk seekor Scorpion besar yang sedang memeluk tangki membuat Yamaha menyebutnya sebagai “The Scorpion King”. Model ini hanya dijual sebanyak 1.000 unit saja.

Salam dari Bikers Karawang

6 thoughts on “Yamaha Scorpio, Powernya Menghentak

  1. pengen punya scorpio, terutama yang tahun 2006-2007, tapi belum kesampaian😦

  2. 😀 betul mas menurutku generasi ke 2 itu yang paling gagah

  3. Scorpio G yang silver…cakeeeeppppppppp!!!!!
    dan harga jual nya sekarang masih banyak di 12-15jt an
    super!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s