Tips Kiat Hadapi Kenaikan BBM Premium untuk Motor


17173_normal

Pemerintah resmi menaikan harga Premium per 18 November 2014 dari Rp. 6500 menjadi Rp. 8500. Banyak argument dari kita-kita tentang dampak kenaikan BBM ini. Terutama dari para Biker yang pakai motor sebagai kuda beban-operasional misal delivery, Ojek, niaga(roda 3)..anak sekolahan. Kali ini MB mau berbagi kiat hadapi kenaikan BBM Premium yang semakin mahal ini. Banyak hal sebenernya yang bisa diakali dari motor operasional sobat. Jikalau kenaikan BBM dianggap badai, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Mau dianggap angin sepoi-sepoi atau musibah. Semua dimulai dari diri kita sob. Yuk kita simak yang bisa sobat lakukan terhadap motor kesayangan.

Silahkan dilakukan atau bahasa sundanya Do IT

Knalpot

images (1)

Istirahatkan knalpot racing. Saluran gas buang tipe ini cenderung boros BBM. Apalagi setelah ganti knalpot racing diikutin menaikan ukuran spuyer di karbu. Kalo di motor Fuel Injection dengan mengurangi CO.

Busi

Periksa kualitas letikan api busi, api yang lemah kurang sempurna membakar campuran bensin dan udara. Tenaga loyo dan ujungnya boros bensin. Periksa apaka busi, koil CDI atau sambungan kebelnya yang perlu diperbaiki.

Filter Udara

Giliran filter udara jaga kebersihannya. Bila tersumbat campuran gas pembakaran menjadi kaya sob. Cirinya asap knalpot hitam pasti boros bensinnya.

Ban

Memeriksa tekanan ban kelihatanya cemen. Bila ban udah kempes ketahuan deh efeknya. Tarikan berat sehingga dalam jarak tempuh yng sama dibutuhkan lebih banyak bensin.

Oli Mesin

Gantilah oli secara rutin. Kapasitas serta jenis pelumasnya sesuaikan rekomendasi pabrik. Bila terlalu penuhdan kental justru menghambat putaran kruk as.ujungnya bensin lebih boros.

Setel klep-katup

Celah klep motor 4 tak periksa secara berkala untuk mayoritas motor yang pakai SOHC. Setelan yang terlalu rapat juga meyebabkan boros. Sesuaikan yang standar.

Karburator

Bersihkan karbu dan yang paling penting cek angka pada spuyer. Jika pilot jet atau main jet sudah diganti yang besar balikin ke ukuran yang sekitar standar atau standar.

Rantai

images (3)

Rantai dan bearing roda lumasi secara berkala. Bila putarannya lancar bisa sedikit membantu irit bensin.

Gir Rantai

Jumlah mata gir depan dan belakang kembalikan sesuai standar. Rasio yang terlalu berat maupun ringan bisa memboroskan pemakaian bensin.

Jangan Dilakukan – Don’t Do It

Grip Gas

Pernah main grip gas di lampu merah-Stopan, atau saat parkir dan ngantri di POM mesin dalam keadaan hidup, lupakan itu sekarang sob. Setiap grip gas ditarik, jarum skep dikarbu akan naik dan bensin di semprotkan dari ruang pelampung. Anggap saja sekali gas bensin terbuangg 1 cc. berapa jumlahnya dalam sehari? Semua itu terbuang tanpa menggerakan motor sobat.

½ Kopling Manual

gaya Vale-46 saat balap, pakai setengah kopling pas keluar tikungan, memang top. Akselerasi motor melesat cepat diikuti suara mesin yang teriak. Tapi maaf, putaran mesin motor sobat jadi kelewat tinggi dan meminum banyak bensin. Lagipula kampas kopling akan cepat habis.

Penggunaan Ban Lebar

images (2)

Tiada yang membuat motor sobat terlihat kekar selain pemakaian ban lebar. Namun kalau kelewat extreme, ongkos transportasi juga ikutan mekar. J

Sebabnya ban kekar membuat berat mesinuntuk memutar roda. Coba kembalikan ke ban standar pesan MB, selebar apapun ban motor sobat, yang menempel di aspal nggak lebih lebar kotak korek api.

Salam dari Bikers Karawang

 

    

2 thoughts on “Tips Kiat Hadapi Kenaikan BBM Premium untuk Motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s