Prospek Motor Injeksi ke Depan


sport injeksi pertama..fenomenal di tahun 2007..

Kemajuan teknologi didunia otomotif, memberi beberapa dampak bagi masyarakat luas. Sebagian orang akan menanggapi terobosan canggih tadi dengan sukacita. Paling tidak, bagi mereka yang sudah mengenal dan mengerti teknologi injeksi. Sisanya akan memberi kesan negatif, entah karena gaptek(gagap teknologi) atau nggak tahu sama sekali aka buta tentang motor injeksi yang tahunya cuma itu motor baru modelnya cakep, gagah, irit, kenceng dan lain sebagainya.

ini bebek pertama injeksi..2006.

Padahal, teknologi yang lebih modern jelas dimaksudkan untuk mempermudah segala urusan, misal dulu dikampung ane, dari masa tanam sampai panen padi bisa 7 hingga 8 bulan dengan sistem tradisional, sekarang bisa 4 bulan (ko jadi curhat ya) balik lagi ke lapop..

Sama halnya saat motor berpasokan BBM injeksi lahir ditanah air(nie tuk motor lokal ya). Diawali Honda Supra X PGM-FI ditahun 2006(Programmable Fuel Injection) yang disusul Yamaha Vixion pada 2007, Suzuki Shogun FI di 2008(sudah di discontinu padahal mantep nie motor tuk sekelas bebek), klan Kawasaki main teknologi FI di motor KLX 250 dan Honda CBR series(ini mah CBU) pada 2011. Diteruskan Yamaha dengan matic injeksi pertamanya siapa lagi kalo bukan Mio J dan Mio Soul GT serta Jupiter Z1..dan yang terbaru Ninja 250FI, yang dirilis awal bulan lalu. Kapan Pabrikan lain menyusul nie..

Maksud pabrikan saat menawarkan produk tadi, jelas punya tujuan mulia. Teknologi injeksi yang sudah diatur komputer(ECU) ini akan memudahkan pemilik motor dalam hal perawatan serta memiliki efisiensi tinggi karena konsumsi bensinnya terkontrol dengan baik. secara bertahap produksi motor karbu dikurangi produksinya, dengan cara merilis tipe sejenis dengan sistem injeksi. seperti Spacy karbu(udah didiscontinu) ke versi injeksi, vario110(masih dibikin ga ya) begitu pula dengan Nex FI, menyusul motor-motor lainnya..

skema sistem injeksi pada motor yang banyak sensornya di versi karbu ada walopun dikit

Hanya saja, kondisi ini belum tentu bisa diterima masyarakat, lantaran teknologi lawas karburator yang sudah menancap dibenak masyarakat masih dianggap yang terbaik(termasuk MB pro motor karbu). Tapi apa boleh buat, kita diharuskan mengikuti perkembangan teknologi diantara salah satunya dengan merima motor tipe injeksi ini..

Opini masyarakat tentang motor injeksi “suatu hari rusak, pasti biaya lebih mahal untuk memperbaikinya” waktu MB tanya apa pendapatnya tentang motor injeksi. Ada lagi yang berpendapat, motor injeksi masih belom cocok buat pemakaian didaerah terpencil(di perkebunan, hutan) yang minim sarana seperti bengkel dan toko onderdil. Sekarang keberadaan bengkel umum diluar bengkel resmi masih sedikit yang bisa menangani motor injeksi.

Pertanyaannya adalah butuh waktu kah masyarakat menerima teknologi injeksi ini?

Monggo opini dan komentnya masbro & sist sekalian..

Salam Bikers untuk Solidarity Forever.

6 thoughts on “Prospek Motor Injeksi ke Depan

  1. butuh membiasakan sj dg teknologi FI, dlu vixion dibeli bkn krn mesinnya tp tampilannya yg keren. eh, lama2 jd suka dengan Injeksi😀

  2. konsumen sbg pengguna dharuskan mengikuti pkembangan teknologi pada motor’y. Sama hal’y dngn Hp yg booming dg OS(Operation System) Android tp OS lain’y jg msih ada bikin(Java, Blackberry dll)..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s